Kampus ITS, ITS News — Dorong peran desain dalam penyelesaian isu sosial dan budaya, Departemen Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) gelar Pameran DKV Sosial Budaya. Kegiatan yang dimulai sejak tiga hari lalu dan baru dibuka untuk umum, Senin (13/12), ini merupakan bentuk implementasi mata kuliah perancangan yang nyata.
Dosen Departemen DKV ITS Atsilia Hasna Nabilah ST MA menjelaskan, pameran ini menjadi ajang memamerkan karya mahasiswa untuk tugas akhir mata kuliah DKV Sosial Budaya. Mata kuliah tersebut berperan sebagai sarana pembentukan karakter mahasiswa melalui pemahaman kondisi lingkungan sekitar. “Isu-isu sosial, budaya, hingga lingkungan menjadi fokus mata kuliah ini,” tuturnya.
Atsilia membeberkan bahwa mahasiswa akan ditempatkan dalam dua sudut pandang berbeda dalam melihat masalah, yaitu sebagai desainer dan individu yang mengalami masalah. Dengan begitu, mahasiswa mampu menghadirkan penyelesaian dengan konsep desain yang tepat. “Luaran yang dihasilkan berupa desain yang memuat solusi,” tambah dosen pengampu mata kuliah DKV Sosial Budaya tersebut.
Menurut Atsilia, pada pameran tahun ini karya yang dipamerkan berupa inovasi visual yang diterapkan dalam animasi, videografi, desain kemasan, hingga metode pemasaran. Setiap mahasiswa bertanggung jawab untuk menghadirkan solusi sesuai bidang desain yang diminati. “Setiap mahasiswa memiliki ide dan kreativitas tersendiri untuk merealisasikan rancangan,” ungkap Atsilia.
Salah satu peserta pameran Anisa Nur Afifah membawa karya yang mengangkat isu krisis budaya permainan tradisional. Hal ini dilatarbelakangi oleh maraknya penggunaan gadget di masa kini yang mengikis keberadaan permainan tradisional. “Bahkan saat ini 40 hingga 60 persen permainan tradisional tidak lagi dimainkan,” beber mahasiswi yang akrab disapa Icha tersebut.
Bertema Pelestarian Permainan Tradisional di Kampoeng Dolanan, Icha berusaha menghadirkan permainan tradisional dengan pendekatan yang lebih interaktif. Hal ini bertujuan agar permainan tradisional yang berperan sebagai identitas dan warisan bangsa Indonesia tetap lestari. “Selain itu, agar permainan tradisional juga dapat dinikmati oleh seluruh kalangan,” tuturnya berharap.
Pameran DKV Sosial Budaya ini berhasil dihelat apik dengan hadirnya segudang karya mahasiswa yang mengagumkan. Tidak hanya menarik secara visual, namun ide, kreativitas, dan solusi yang ditawarkan mengandung pesan mendalam. Selain itu, karya mahasiswa yang dipamerkan berhasil menghadirkan suatu penyelesaian dengan pendekatan desain yang terkini. (HUMAS ITS)
Reporter: Ahmad Naufal Ilham
Kampus ITS, ITS News — Guna meningkatkan efisiensi pembersihan danau, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem
Kampus ITS, ITS News — Industri rumahan seperti produksi kerupuk udang sering kali mencemari lingkungan akibat pembuangan limbah cair
Kampus ITS, ITS News — Dorong peran desain dalam penyelesaian isu sosial dan budaya, Departemen Desain Komunikasi Visual (DKV)
Kampus ITS, ITS News — Berpikir untuk bisa memberikan fasilitas jembatan yang ramah terhadap lingkungan dan bagi pejalan kaki, tim