News

Kunjungan Kerjasama BPKAD Kabupaten Seruyan di PDPM ITS

Rab, 15 Feb 2023
8:24 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Selasa, 14 Februari 2023, PDPM ITS mendapat kunjungan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Seruyan dalam rangka pembahasan rencana kerja Penyusunan Harga Satuan Pokok (HSPK) dan Analisis Standar Belanja (ASB) Pemerintah Kabupaten Seruyan. Perwakilan dari BPKAD Kabupaten Seruyan adalah Enti Munifah, S.T, M.M selaku kepala bidang anggaran daerah, Cepik Arifin, S.AP sebagai kasubbid perencanaan anggaran daerah, Rimahandayani Simamora, S.IP selaku pemeriksa anggaran dan Jauhari, S.E sebagai analis sistem informasi pelaksanaan anggaran. Sementara PDPM ITS diwakilkan oleh Dr. Sutikno, M.Si selaku kepala pusat kajian PDPM ITS dan Cahyono Bintang Nurcahyo, S.T, M.T sebagai tenaga ahli sekaligus tim penyusun pekerjaan SSH Kabupaten/Kota.

Dr. Sutikno, M.Si menyampaikan PDPM mempunyai pengalaman penyusunan SSH di Kota Surabaya, Kota Mojokerto dan Kabupaten Kapuas. Tahun ini, PDPM ITS kembali dipercaya melaksanakan penyusunan SSH di Kota Mojokerto dan Kabupaten Tuban. Berdasarkan pengalaman penyusunan SSH di Kota Surabaya dan Kota Mojokerto tahun 2019, perlu penyesuaian barang-barang yang akan disurvei. Beberapa masukan dari OPD pada pekerjaan SSH sebelumnya adalah semakin banyak item barang dalam SSH. Satu barang yang dibutuhkan OPD ternyata dalam SSH bisa jadi ada lebih dari satu barang. Hal ini karena adanya spek yang berbeda dan merk yang berbeda.

Sebagai evaluasi dari survei SSH tahun sebelumnya di kota yang berbeda, Dr. Sutikno, M.Si menyampaikan bahwa perlu ada evaluasi lebih lanjut terkait merk dan harga barang yang fluktuatif, unsur inflasi, pajak dan ongkos kirim. Dalam menentukan satuan harga perlu mempertimbangkan adanya inflasi  maupun faktor ongkos kirim.

Kegiatan Penyusunan Harga Satuan Pokok Kegiatan dan Analisis Standar Belanja Pemerintah Kabupaten Seruyan ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian PDPM yaitu manajemen tata kelola pemerintrah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan SDG’s yaitu tujuan nomer (11) pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (dw)

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.