News

FGD Kajian Kerentanan Sosial PPRA Magetan

Kam, 06 Jul 2023
9:59 pm
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Magetan-ITS. Kamis 6 Juli 2023, Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion  (FGD) Kajian Kerentanan Sosial (KKS) Program Percepatan Reforma Agraria (PPRA) Kabupaten Magetan. FGD KKS dilaksanakan di Satker Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Magetan. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Timur, perwakilan Kantah Kabupaten Magetan, Tim Project Manajemen Unit (PMU) Program Percepatan Reforma Agraria (PPRA) Triatmoko SP, Ketua Tim Kajian Kerentanan Sosial Jawa Timur Dr. Sutikno, M.Si., Tenaga Ahli Geomatika Khomsin, ST., MT., Camat Panekan, Camat Parang, Kepala Desa Mategal, Kepala Desa Tapak, Pihak Perhutani Magetan, pihak pengukur PTSL dan asisten tim KKS Jawa Timur.

Pejabat Pembuat Komitmen Kantah Kabupaten Magetan Nunuk Sugipatmintari, SH. membuka kegiatan FGD KKS Kantah Kabupaten Magetan. Nunuk Sugipatmintari menyampaikan PTSL PM Tahun 2023 di Kabupaten Magetan dilaksanakan di 28 desa. Target pengukuran peta bidang tanah (PBT) sebanyak 32.000 dan target sertifikat hak atas tanahnya (Sehat) sebanyak 21.957. Dalam PTSL PM ini melibatkan pemberdayaan masyarakat desa, melalui Puldatan. Puldatan dibentuk oleh warga melalui musyawarah desa dan diberikan SK oleh kepala desa dan Kepala Kantah Kabupaten Magetan.

PMU PPRA Triatmoko SP menyampaikan bahwa kegitan KKS Jawa Timur dilaksanakan di  Malang, Lumajang, Bondowoso, Nganjuk, Magetan, Pacitan dan Trenggalek. Tiap kabupaten diambil sampel 2 desa. Pelaksanaan KKS Jawa Timur yang dilaksanakan oleh Kantor Wilayah Pertanahan BPN Jawa Timur bekerja sama dengan Tim ITS. FGD ini adalah awalan dari rangkain kegiatan KKS. PMU dan Kanwil BPN Jawa Timur berharap Kantah Kabupaten Magetan mendukung Tim ITS dalam melaksanakan KKS ini. Terutama kebutuhan data sekunder dari Kantah Kabupaten Magetan.

Ketua Tim Kajian Kerentanan Sosial Jawa Timur yang juga Kepala Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) ITS Dr. Sutikno, M.Si. menyampaikan bahwa tim KKS ITS terdiri dari beberapa departemen keilmuan. Ada dari Statistik, Geomatika, Studi Pembangunan dan Sistem Informasi. FGD ini untuk menggali informasi pelaksanaan PTSL yang ada di Magetan. Tantangan dan kendala PTSL, potensi dan mitigasi konflik pertanahan, kondisi masyarakat rentan terhadapat PTSL dan bagaimana mitigasinya. Tim ITS akan melaksanakan observasi, FGD dan survei di Desa Mategal Kecamatan Parang dan Desa Tapak Kecamatan Panekan. Tim ITS akan survei ke rumah tangga sesuai distribusi responden yang telah ditentukan. Tim ITS membuat analisa, kemudian akan melaksanakan FGD lagi di tingkat kabupaten dan provinsi. Tim ITS berharap bantuan dan dukungan dari Kantah Magetan untuk mensukseskan KKS ini. Kegiatan KKS ini adalah bagian dari tugas negara yang diamanahkan kepada ITS. Sesuai amanat Presiden Republik Indonesia, PPRA adalah program strategis nasional. KKS ini adalah bagian dari mendukung dan mensukseskan PPRA.

Kegiatan Kajian Kerentanan Sosial Program Percepatan Reforma Agraria Jawa Timur Tahun 2023 ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) ITS yaitu pengentasan kemiskinan, pengembangan wilayah berkelanjutan dan manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu tujuan nomer (1) tanpa kemiskinan, tujuan nomer (5) kesetaraan gender, tujuan nomer (10) berkurangnya kesenjangan dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Sgh).

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.