News

Kick Off Penyusunan RAD Pangan dan Gizi Kabupaten Tuban

Jum, 26 Jan 2024
10:45 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Surabaya-ITS. Kamis 25 Januari 2024 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Tuban melaksanakan Kick Off kegiatan penyusunan Dokumen Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi (RAD-PG) Kabupaten Tuban Tahun 2025-2029. Kegiatan ini adalah kerja sama antara Bappedalitbang Kabupaten Tuban dengan Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Kick off penyusunan RAD dilaksanakan di kantor Pusat Kajian PDPM ITS Gedung Research Center Lantai 7.

Kick off penyusunan RAD-PG ini dihadiri oleh Kepala Bidang Perekonomian, SDA, Infrastruktur dan Kewilayahan Bappedalitbang Tuban Novi Yudianti, ST., MAP., Perencana Bappedalitbang Ary Krisnawati, ST., Dian Yuni Afriyanti, S.Ak., Staf Bappedalitbang Yoga Andi Pranara, S.Kom., Aziz Kurniawan Ramadhan, A.Md., Kepala PDPM ITS Dr. Sutikno, M.Si, Tenaga Ahlis Departemen Sipil Cahyono Bintang Nurcahyo, ST., MT., Staf PDPM Novianti Ika Sari, S.Si., M.Si, dan Nur Suci Romadloni, S.M.

Novi Yudianti menyampaikan bahwa penyusunan RAD-PG ini sesuai dengan Keputusan Menteri PPN / Kepala Bappenas No. 124/M.PPN/HK/20/2021 dan Surat Edaran Menteri PPN/Kepala Bappenas No. 4 Tahun 2021 tentang Penyusunan RAD-PG. Penyusunan RAD-PG menjadi penting dalam rangka menunjang pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) dengan dikeluarkannya Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2022 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). Diantaranya adalah tujuan mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan nutrisi yang lebih baik dan menuju pertanian berkelanjutan. Keadaan gizi masyarakat berpengaruh pada Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) di Kabupaten Tuban. Sehingga penyusunan RAD-PG ini diharapkan dapat meningkatkan IPM di Kabupaten Tuban.

Kepala PDPM ITS Dr. Sutikno, M.Si. menyambut baik kerja sama ini. PDPM ITS akan berkolaborasi dengan tenaga ahli yang berkompeten untuk menyusun RAD-PG Kabupaten Tuban. PDPM ITS juga akan berkoordinasi dengan Bappedalitbang dan OPD-OPD terkait di Kabupaten Tuban. Sehingga RAD-PG ini dapat menjawab kondisi dan tantangan Pembangunan Pangan dan Gizi di Kabupaten Tuban.

Kegiatan Kick Off kegiatan penyusunan Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi Kabupaten Tuban Tahun 2025-2029 ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) / sustainable development goals (SDG’s) yaitu tujuan nomer (1) menghapus kemiskinan, tujuan nomer (2)  menghapus kelaparan, nomer (12) konsumsi dan produksi yang berkelanjutan dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Sgh).

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.