News

Pelatihan Pembuatan dan Visualiasi Peta yang Menarik

Jum, 08 Mar 2024
10:31 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Raga Bagas Pratama menyampaikan materi GIS

Surabaya-ITS. Jumat 8 Maret 2024 Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melaksanakan kegiatan pelatihan dengan tema “Pembuatan dan Visualisasi Peta yang Menarik”. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang VIP 3 Kantin Pusat ITS. Pelatihan ini terbuka untuk umum, dosen dan mahasiswa. Pelatihan ini bertujuan agar peserta mampu membuat peta dasar, menambahkan atribut dalam peta, menambahkan data dari excel atau aplikasi lainnya. Peserta mampu membuat visualisasi peta yang menarik, komprehensif dan informatif.

Ketua pelaksana kegiatan Fajar Dwi Cahyoko, S.P., M.Si. menyampaikan tujuan pelatihan ini adalah agar peserta dapat membuat visualisasi peta dalam laporan penelitian atau pengabdian msyarakat secara menarik dan komprehensif. Semua kegiatan di PDPM bisa diketahui dimana lokasinya, kegiatannya apa dan informasi penting lainnya. Informasi ini harus dikemas dan ditampilkan dengan menarik. Sehingga mitra kerja tertarik dalam memahami dan mendalami laporan PDPM.

Narasumber dalam pelatihan ini adalah Raga Bagas Pratama, S.Pwk. yang memiliki pengalaman dalam bidang pembuatan peta melalui aplikasi Geographic Information System (GIS). Kegiatan pelatihan ini banyak interaksi dan praktek langsung dengan studi kasus beberapa kegiatan PDPM Tahun 2023. Setiap peserta diminta membuat peta visualisasi kegiatan PDPM ITS dengan menampilkan lokasi, informasi kegiatan, tujuan dan informasi penting lainnya.

Diskusi pemateri dengan peserta pelatihan

Kegiatan Pelatihan Pembuatan dan Visualisasi Peta yang Menarik ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) / sustainable development goals (SDG’s) yaitu tujuan nomer (4) pendidikan berkualitas, tujuan nomer (5) kesetaraan gender, (8) pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan.(Sgh).

Peserta pelatihan pembuatan dan visualisasi petan yang menarik

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.