News

FGD Penyusunan RAT Penurunan Kemiskinan Kabupaten Tuban

Jum, 19 Apr 2024
5:15 pm
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

 

FGD Penyusunan RAT Percepatan Penurunan Kemiskinan Kabupaten Tuban

 

Tuban-ITS. Jumat 19 April 2024 Tim Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melaksanakan kegiatan ­focus group discussion (FGD) Penyusunan Rencana Aksi Tahunan (RAT) Percepatan Penurunan Angka Kemiskinan Daerah Kabupaten Tuban Tahun 2025. FGD dilaksanakan di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Tuban. Tim PDPM ITS yang hadir dalam FGD adalah Ketua Tim Yuni Setyaningsih, S.PKm. M.Sc., Tenaga Ahlis Statistik Dr. Sutikno, Tenaga Ahli Ekonomi Pembangunan, Iis Dewi Ratih, M.Si., Tenaga Ahli Manajemen Lissa Rosdiana Noer, ST., MMT., dan asisten tenaga ahli. FGD ini dihadiri oleh semua organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Tuban, Bappedalitbang Tuban dan Badan Amil dan Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tuban.

Tujuan FGD ini adalah mengidentifikasi program/kegiatan/sub kegiatan penanggulangan kemiskinan tahun 2024 dan menyusun rencana strategis penanggulangan kemiskinan melalui program dan kegiatan pada setiap OPD. Arah kebijakan penurunan kemiskinan Pemerintah Kabupaten Tuban Tahun 2025 adalah peningkatan kualitas hidup rumah tangga miskin dan penurunan angka kemiskinan ekstrim. Setiap OPD menyampaikan program dan kegiatan yang direncanakan di Tahun 2025. Tim PDPM ITS mencatat dan memasukkan dalam matriks program dan kegiatan untuk memudahkan analisa dan pembahasan. FGD dibagi menjadi beberapa desk. Diantaranya desk kemiskinan dan konsumsi, desk ketenagakerjaan, deks kesehatan, desk pendidikan, deks infrastruktur dasar dan desk ketahanan pangan.

Dr. Sutikno, M.Si. menyampaikan kepada OPD bahwa kegiatan FGD ini adalah bagian dari proses penyusunan RAT secara partisipatif. Semua OPD dilibatkan dalam penyusunan dokumen RAT. Karena nanti pelaksana dari RAT ini adalah OPD teknis terkait. OPD harus membuat program dan kegiatan percepatan penurunan kemiskinan berdasarkan RAT yang akan disahkan oleh Bupati Tuban.

Tim PDPM menyimak penjelasan OPD

 

Kegiatan FGD penyusunan Dokumen Rencana Aksi Tahunan (RAT) Percepatan Penurunan Angka Kemiskinan Kabupaten Tuban Tahun 2025 ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) / sustainable development goals (SDG’s) yaitu tujuan nomer (1) menghapus kemiskinan, tujuan nomer (2) menghapus kelaparan, nomer (12) konsumsi dan produksi yang berkelanjutan dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Har).

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.