News

Sel, 23 Apr 2024
11:09 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Presentasi Evaluasi IPM Kabupaten Tuban Tahun 2023

 

Tuban-ITS. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Tuban Tahun 2023 sebesar 71,4. Angka ini melebihi target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tuban sebesar 69,7. Mengalami pertumbuhan sebesar 0,61 persen dari tahun sebelumnya. Hal ini disampaikan Tim Penyusun evaluasi IPM Kabupaten Tuban Tahun 2023 pada presentasi laporan Evaluasi Dokumen IPM Kabupaten Tuban Tahun 2023 pada Hari Senin 22 April 2024 di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Tuban. Kegitan presentasi evaluasi IPM Kabupaten Tuban dihadiri oleh perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Tuban. Dintaranya Disdukcapil, Disbudpar, DKP2P, PUPR, Diknas, Dinsos, Dinkes PPKB, Disnaker, DPMPTSP, Dinas Komundag, dan Bappedalitbang Kabupetan Tuban. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) adalah ukuran pencapaian pembangunan manusia berdasarkan komponen dasar kualitas hidup manusia. IPM merupakan Indikator Kinerja Utama (IKU) Pembangunan di Kabupaten Tuban khusus pada Misi-3 RPJMD 2021-2026.

Tim Penyusun Evaluasi IPM Kabupaten Tuban Tahun 2023 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Terdiri dari beberapa departemen sesuai dengan kompetensi dan keahliannya. Tim Penyusun yang hadir dalam presentasi adalah Dr. Sutikno, M.Si. tenaga ahli Departemen Statistika, Zakiatul Wildani, S.Si., M.Sc. Tenaga Ahli Ekonomi dari Departemen Statistika Bisnis, dan asisten tenaga ahli.

Peningkatan IPM Kabupaten Tuban 2023 terjadi pada semua dimensi, baik umur panjang dan hidup sehat, pengetahuan, dan standar hidup layak. Pemerintah Kabupaten Tuban terus berupaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara lebih komprehensif dan mengevaluasi capaian IPM secara periodik. Capaian komponen pembentuk IPM Kabupaten Tuban Tahun 2023 adalah sebagai berikut. Usia Harapan Hidup (UHH) 74,77 tahun, Harapan Lama Sekolah (HLS) 12,27 tahun, Rata–rata Lama Sekolah (RLS) 7,4 tahun, dan Pengeluaran Per Kapita/tahun   Rp.11.174.000,00.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tuban Andhie Surya Mustari menyoroti pemberian beasiswa kepada penduduk Tuban untuk disekolahkan ke luar Tuban. Pemberian beasiswa ini berpengaruh terhadap rata-rata lama sekolah (RLS). Harapannya penerima besiswa pendidikan ini kembali ke Tuban, bekerja dan berkarir di Tuban. Sehingga akan meningkatkan capaian IPM Kabupaten Tuban. Evaluasi program kegiatan Pemerintah Kabupaten Tuban yang cukup (C), kurang baik (KB) dan sangat kurang baik (SKB) sebaiknya bisa dilanjutkan dengan inovasi

Kegiatan Penyusunan Dokumen Indkes Pembangunan Manusia Kabupaten Tuban Tahun 2024 ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) / sustainable development goals (SDG’s) yaitu tujuan nomer (1) menghapus kemiskinan, tujuan nomer (2) menghapus kelaparan, tujuan nomer (3) kesehatan yang baik dan kesejahteraan, tujuan nomer (4) Pendidikan bermutu, tujuan nomer (5) kesetaraan gender, tujuan nomer (6) akser air bersih dan sanitasi, tujuan nomer (8) pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, tujuan nomer (10) mengurangi ketimpangan, tujuan nomer (12) konsumsi dan produksi yang berkelanjutan dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Har).

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.

Home > News >