News

Orientasi Mahasiswa KP di PDPM ITS

Jum, 28 Jun 2024
2:22 pm
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Daniyal Wiraharja Athaurrakhman Mahasiswa Statistika FSAD memperkenalkan diri

 

Surabaya – ITS. Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menerima mahasiswa kerja praktek (KP). Jumat 28 Juni 2024 dilaksanakan orientasi awal mahasiswa kerja praktek di Kantor PDPM ITS Gedung Pusat Riset Lantai 7. Mahasiswa yang melaksanakan kerja praktek adalah Daniyal Wiraharja Athaurrakhman dan Untsa Shafwatul’ula dari Departemen Statistika Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD) ITS Surabaya.

Untsa Shafwatul’ula, mahasiswa dari Kota Probolinggo, menyampaikan tujuan KP di PDPM adalah untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama kuliah. Seperti desain sampling, pengumpulan data primer dan juga proses dan analisa data. Untsa, nama panggilannya, menyampaikan mengetahui PDPM ketika mendapatkan job sebagai entri data kuesioner project Kearifan Lokal Kota Probolinggo. Sebagai salah satu mata kuliah di Depertemen Statistika, mahasiswa harus melaksanakan KP. Untsa memilih KP di PDPM karena tertarik untuk terlibat dan mengaplikasikan ilmu statistik di kehidupan nyata. Untsa berharap ketika KP di PDPM mendapatkan pengalaman untuk terlibat di kegiatan atau project PDPM. Bisa menjadi surveyor atau asisten tenaga ahli yang terlibat dalam kegiatan survei, pengumpulan data sekunder, pengolahan data, analisa data sampai nanti membuat laporan berdasarkan data yang diperoleh.

 

Untsa Shafwatul’ula Mahasiswa Statistika FSAD memperkenalkan diri

Daniyal Wiraharja Athaurrakhman, mahasiswa asal Kota Surabaya, menyampaikan tujuan KP di PDPM adalah sebagai syarat SKS yang harus dipenuhi. Daniyal, mahasiswa yang aktif di kegiatan organisasi kemahasiswaan, menyampaikan sebelumnya belum tahu gambaran tentang PDPM. Daniyal yang menjabat Ketua Himpunan Mahasiswa Stastistik (Kahimasta) mengikuti KP di PDPM karena ajakan temannya, yaitu Untsa. Dari cerita Untsa, Daniyal tertarik untuk KP di PDPM karena di PDPM banyak kegiatan yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat. Di PDPM juga dapat mengaplikasikan ilmu statistik yang didapat di bangku kuliah.

Novianti Ika Sari pembimbing lapangan menyampaikan materi orientasi KP di PDPM

Pembimbing lapangan Novianti Ika Sari, S.Si., M.Si. dan Sugiharto, ST. menyampaikan PDPM menerima mahasiswa yang KP ataupun magang. Tentunya disesuaikan dengan kompetensi dan bidang kuliahnya. PDPM pernah menerima mahasiswa KP atau magang dari Departemen Statistik, Departemen Statistika Bisnis Fakultas Vokasi, Departemen Studi Pembangunan dan Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK). Mahasiswa KP atau magang harus mengikuti tata tertib di PDPM. Mahasiswa KP atau magang harus menyepakati kontrak kerja praktek atau magang. Mahasiswa KP/magang akan dilibakan dalam berbagai kegiatan atau project yang ada di PDPM. Di akhir KP/magang, mahasiswa harus menyampaikan luaran KP/magang sesuai kesepakatan di kontrak KP/magang. Diantaranya membuat laporan tertulis, menyampaikan presentasi hasil KP/magang, membuat tulisan/artikel untuk publikasi, membuat media publikasi di media sosial dan membuat video dokumenter kegiatan KP/magang. PDPM berharap Daniyal dan Untsa betah selama KP di PDPM dan mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman. (Har).

Foto bersama mahasiswa KP dan pembimbing lapangan di depan kantor PDPM

 

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.