News

Rakor HSPK Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah

Ming, 30 Jun 2024
11:18 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Rakor penyusunan ASB HSPK Kabupaten Kapuas

Kapuas-ITS. Kamis 27 Juni 2024 Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan kegiatan rapat koordinasi (rakor) penyusunan Analisa Standar Biaya (ASB) dan Harga Satuan Pokok Kegiatan (HSPK) Tahun 2025. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula BKAD Kabupaten Kapuas. Hadir dalam rapat koordinasi ini adalah Tim Penyusun ASB HSPK dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, perwakilan BKAD dan perwakilan Dinas PUPR PKP Kabupaten Kapuas.

Eko Tejono dari BKAD Kapuas menyampaikan bahwa ASB dan HSPK ini adalah acuan bagi organisasi perangkat daerah (OPD) khusunya Dinas PUPR PKP dalam menyusun rencana kerja dan anggaran (RKA) Tahun 2025. Penyusunan ASB HSPK ada di Bidang Aset BKAD. Pengguna produk ASB HSPK adalah semua OPD yang ada di Pemerintah Kabupaten Kapuas, khususnya lebih banyak di Dinas PUPR PKP. Karena berkaitan dengan kegiatan pembangun fisik/infrastruktur.

Ketua Tim Penyusun HSPK Cahyono Bintang Nurcahyo, ST., MT. menyampaikan HSPK adalah harga komponen kegiatan fisik/nonfisik melalui analisis yang distandarkan untuk setiap jenis komponen kegiatan dengan menggunakan standar satuan harga (SSH) sebagai elemen penyusunnya. Analisis Standar Belanja yang selanjutnya disingkat ASB adalah penilaian kewajaran atas beban kerja dan biaya yang digunakan untuk melaksanakan suatu kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas dalam satu tahun anggaran.

Suasana diskusi penyusunan ASB HSPK Kabupaten Kapuas

Sesuai dengan semangat Kabupaten Kapuas, Tingan Menteng Panunjung Tarung, tekad bersama (Tingang Menteng) berjuang untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat menganngkat harkat dan martabat secara berkelanjutan (Panunjung Tarung) seluruh komponen masyarakat Kabupaten Kapuas. Penyusunan ASH HSPK ini juga melibatkan semua OPD. Ada dari BKAD, perwakilan inspektorat dan perwakilan OPD lainnya. Tim penyusun berharap masukan/saran dari OPD dalam menyusun ASB HSPK Kabupaten Kapuas Tahun 2025.

Kegiatan Penyusunan ASB HSPK Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB)/sustainable development goals (SDG’s) yaitu tujuan nomer (8) pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Har).

 

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.