News

ITS dan PIP Kemenkeu Bersinergi dalam Pemberdayaan UMKM

Rab, 03 Jul 2024
10:51 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Rektor ITS Bambang Pramujati menandatangai MoU

Surabaya – ITS. Rabu 3 Juli 2024 Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Bambang Pramujati, ST., M.Sc.Eng., Ph.D., melaksanakan tanda tangan nota kesepahaman/memorandum of understanding (MoU) dengan Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia. MoU ini sebagai dasar pelaksanaan kegiatan kerja sama antara ITS dengan PIP Kemenkeu sinergi program pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Tanda tangan MoU ini dilaksanakan di Ruang Rektor ITS secara deks to deks. Hadir dalam tanda tangan MoU ini adalah Direktur Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Fadlilatul Taufany, ST., Ph.D., dan Kepala Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Dr. Sutikno, M.Si.

PIP merupakan Badan Layanan Umum di bawah Kementerian Keuangan yang memiliki tugas menjalankan program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi). Program Pembiayaan UMi merupakan program yang menyediakan fasilitas pembiayaan bagi pelaku usaha mikro yang disalurkan melalui Penyalur berbentuk Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB). Pembiayaan UMi telah menjangkau 10 juta pelaku usaha di 510 kabupaten/kota dengan total penyaluran mencapai Rp37,4 triliun. Program Pembiayaan UMi dilengkapi dengan pendampingan yang wajib dilaksanakan oleh yang dilakukan oleh Account Officer (AO)/Pendamping UMi masing-masing Penyalur. Program pendampingan dapat berupa pemberian motivasi, konsultasi, pelatihan, bimbingan teknis, pengawasan dan sebagainya kepada para debitur pembiayaan UMi. Dalam rangka meningkatkan dan menstandarisasi kualitas pendampingan, PIP bekerja sama dengan 8 (delapan) perguruan tinggi negeri/swasta untuk melaksanakan program pelatihan Training of Trainers bagi AO/Pendamping UMi. Salah satunya adalah perguruan tinggi ITS Surabaya.

Kiri ke kanan: Kepala PDPM Sutikno, Rektor ITS Bambang Pramujati, Direktur DRPM Fadlilatul Taufany.

Program pelatihan Training of Trainers bagi AO/Pendamping UMi ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) ITS yaitu pengentasan kemiskinan dan pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Kegiatan ini juga sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu tujuan nomer (1) tanpa kemiskinan, tujuan nomer (2) mengakhiri kelaparan, tujuan nomer (5) kesetaraan gender, tujuan nomer (8) pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, tujuan nomer (10) mengurangi ketimpangan dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Har).

 

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.