News

ITS dan Bappedalitbang Tuban Evaluasi Capaian SDGs

Jum, 19 Jul 2024
9:34 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Kabid Bappedalitbang Tuban Bu Devi menyampaikan sambutan pengantar kegiatan

Tuban – ITS. Kamis 18 Juli 2024 Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melaksanakan kegiatan presentasi laporan pendahuluan penyusunan Dokumen Evaluasi Capaian Sustainable Development Goals (SGDs) Kabupaten Tuban Tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Tuban. Tim ITS yang melaksanakan presentasi terdiri dari Kepala Pusat Kajian PDPM ITS Dr. Sutikno, M.Si. dari Departemen Statistika ITS dan para asisten tenaga ahli. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Tuban.

Dr. Sutikno menyampaikan SDG’s merupakan tujuan pembangunan berkelanjutan yang disepakati oleh seluruh negara di dunia. SDG’s dilaksanakan oleh pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten. Pemerintah Kabupaten Tuban sudah membuat Rencana Aksi Daerah (RAD) SDG’s 2023-2030. Tahun 2024 ini adalah tahun pertama dilaksanakan pemantauan/evaluasi terkaiat capaian RAD tersebut. Tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut. Tahap persiapan, pengumpulan data, proses analisa data, perumusan hasil analisa data, dan dokumen evaluasi capaian SDG’s. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam, focus group discussion (FGD) dan data sekunder dari OPD. Analisa data menggunakan metode analisa statistisk deskriptif dan analisa komparasi.

Suasana diskusi presentasi Lapdal Evaluasi Capaian SDG’s Tuban

Kegiatan penyusunan Dokumen Evaluasi Capaian SDG’s Kabupaten Tuban Tahun 2023 selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB)/sustainable development goals (SDG’s). (Sgh).

 

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.