News

Lapdal KEK Kabupaten Tuban

Sen, 29 Jul 2024
1:34 pm
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Tim PDPM ITS menyampaikan laporan pendahuluan Pengembangan KEK Tuban

Tuban – ITS. Tim Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menyampaikan laporan awal Penyusunan Dokumen Pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kabupaten Tuban. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Tuban pada Hari Senin 29 Juli 2024. Tim PDPM ITS yang hadir adalah Ketua Dr. Ir. Eko Budi Santoso, Lic. Rer. Reg. dari Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ITS, Dr. Sutikno, M.Si. dan Dr. Agnes Tuti Rumiati dari Departemen Statistik ITS dan asisten tenaga ahli. Perwakilan organisasi perangkat daerah yang hadir dari Bappeda Litbang, Dinas LHP, Dinkes, Sekda, DPMPTSP, Bagian Hukum Sekda, Dinsos P3A PMD, Dinas PUPR PRKP.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bappeda Litbang Joko Sarwono. Joko Sarwono menyampaikan tujuan mengembangkan KEK adalah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, pemerataan pembangunan, serta meningkatkan daya saing.

Ketua Tim Penyusun Eko Budi Santoso menyampaikan tahapan kegiatan penyusunan Dokumen Pengembangan KEK Tuban. Mengidentifikasi kondisi eksisting lokasi KEK, mengetahui keterkaitan KEK dengan kegiatan sekitarnya, mengidentifikasi rencana pengembangan KEK, mengetahui keterkaitan rencana pengembangan KEK dengan kebijakan terkait, mengidentifikasi rencana sarana prasarana pada lokasi KEK, serta mengidentifikasi implikasi dampak ekonomi, sosial, lingkungan dan infrastruktur dari pengembangan KEK terhadap masyarakat, lingkungan dan pemerintah daerah. Tim ITS akan melaksanakan pengumpulan data sekunder, observasi lapangan dan wawancara dengan stakeholder. ITS berharap dukungan dari semua OPD untuk melengkapi data-data sekunder yang dibutuhkan.

Peserta presentasi laporan pendahuluan KEK Tuban

Pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kabupaten Tuban ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah dan pengembangan kawasan berkelanjutan. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB)/sustainable development goals (SDG’s), yaitu tujuan nomer (1) menghapus kemiskinan, tujuan nomer (2) menghapus kelaparan, tujuan nomer (8) pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, tujuan nomer (9) infrastruktur, industri dan inovasi, tujuan nomer (10) mengurangi ketimpangan, tujuan nomer (11) kota dan komunitas yang berkelanjutan dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Har).

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.