News

Observasi Lapangan Penyusunan RDTR Perkotaan Pujon

Kam, 01 Agu 2024
9:44 am
Bidang Pengembangan Wilayah
Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Observasi lapangan Tim PDPM ITS bersama Dinas PUPR PKPP dan Sekcam Pujom

Kapuas – ITS. Tim penyusun Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan Perkotaan Pujon Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan kegiatan observasi lapangan. Tim penyusun RDTR Perkotaan Pujon adalah tim dari Pusat Kajian Potensi Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Observasi lapangan dilaksanakan pada tanggal 25-28 Juli 2024. Obervasi lapangan ini didampingi oleh perwakilan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PPUPR PKPP), Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Pujon Bapak Rianto dan Sekretaris Desa Pujon Bapak Rian. Observasi lapangan mengunjungi rumah sakit umum daerah RS. Pratama Pujon yang baru selesai dibangun. Kemudian mengunjungi Puskesmas Pujon, pasar desa, lokasi pembuangan air limbah tambang emas dan juga kawasan di sekitar sungai pujon.

Kepala UPT Puskesmas Pujon Puskesmas Pujon Rido Adri Mambang, SKM. menyampaikan Desa Pujon adalah ibu kota Kecamatan Pujon. Daerah ini merupakan pusat ekonomi dan pemerintahan Kecamatan Pujon. Jumlah dokter di Puskesmas Pujon hanya 1 orang. “Kekurangan dokter ini dikarenakan kurangnya minat dokter untuk mengabdi di daerah Pujon” ujar Rido Adri Mambang. Listrik di daerah Kecamatan Pujon Kabupaten Kapuas hanya menyala selama 12 jam, dari jam 17.00 – 07.00 wib. Hanya di Puskesmas Pujon listrik menyala selama 24 jam dengan menggunakan tenaga surya. Mata pencaharian penduduk Pujon adalah penambang emas, pekerja perkebunan sawit, dan pedagang. Infratruktur yang sudah ada di Pujon adalah pasar desa, kantor desa, tempat pemakaman umum, dan rumah sakit umum daerah yang baru selesai dibangun. Kebutuhan sembako seperti beras dan sayur mayur dibeli dari Palangkaraya.

Wawancara dan diskusi dengan Kepala Puskesmas Pujon Rido Adri Mambang, SKM.

Kegiatan Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan Perkotaan Pujon Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah dan pengembangan kawasan berkelanjutan. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB)/sustainable development goals (SDG’s) yaitu tujuan nomer (1) menghapus kemiskinan, tujuan nomer (6) akses air bersih dan sanitasi, tujuan nomer (11) kota dan komunitas yang berkelanjutan, dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Har).

Tim PDPM ITS mengambil sampel air sungai Pujon untuk ditest di Laboratorium Lingkungan ITS

 

Latest News

  • Observasi Lapangan Penyusunan RDTR Perkotaan Pujon

    Kapuas – ITS. Tim penyusun Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan Perkotaan Pujon Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan

    01 Agu 2024