News

Diskusi Penghitungan Capaian Indikator Infrastruktur dan Kewilayahan Kabupaten Probolinggo

Sen, 06 Mar 2023
9:30 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

ITS- Jumat, 3 Maret 2023, PDPM ITS mengadakan rapat membahas rencana pengadaan Kajian Penyusunan Penghitungan capaian indikator bidang infrastruktur dan kewilayahan Kabupaten Probolinggo. Kegiatan yang akan dilakukan adalah Perhitungan nilai Indeks Pembangunan Infratruktur dan nilai Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) tahun 2018 – 2023 serta rekomendasi bagi peningkatan kualitas pembangunan infratruktur di Kabupaten Probolinggo. Diskusi ini dihadiri oleh Dr. Sutikno, M.Si selaku kepala PDPM ITS dan Dr. Ir. Eko Budi Santoso, Lic.rer.reg selaku tenaga ahli dan tim penyusun. Pertemuan membahas kajian ini merupakan pertemuan kedua. Sebelumnya, Bappeda Kabupaten Probolinggo datang ke PDPM ITS untuk membahas kerjasama kegiatan ini.

(Diskusi dengan Tenaga Ahli dan Tim Penyusun)

 Berdasarkan hasil Perubahan RPJMD 2018-2023 terdapat perubahan Indikator Kinerja Utama Pemerintah Daerah pada Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan sehingga perlu dihitung capaian tahunannya. Maksud dari kegiatan ini adalah sebagai bahan evaluasi capaian IKU Pemda di tahun 2022. Tujuannya, untuk menghitung seluruh Capaian Indikator Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan yang tertuang dalam Perubahan RPJMD tahun 2018-2023.

(Pertemuan Awal dengan Bappeda Probolinggo)

Output dari kajian ini adalah terhitungnya nilai Indeks Pembangunan Infratruktur tahun 2018 – 2023 di Kabupaten Probolinggo dengan pendekatan Tujuan dan Sasaran yang ada pada RPJMD Perubahan Tahun 2018-2023,  Terhitungnya nilai Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) tahun 2018 – 2023 di Kabupaten Probolinggo dengan pendekatan Tujuan dan Sasaran yang ada pada RPJMD Perubahan Tahun 2018-2023, Tersusunnya rekomendasi bagi peningkatan kualitas pembangunan infratruktur di Kabupaten Probolinggo, mengkoordinasikan hasil perhitungannya kepada BPS Provinsi/Kabupaten Probolinggo

Kegiatan ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian PDPM yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan SDG’s yaitu tujuan nomer (8) pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (dw)

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.