News

FGD Penguatan Kapasitas OPD Dalam Upaya Percepatan Penurunan Angka Kemiskinan dan TPT serta Peningkatan IPM

Kam, 16 Mar 2023
3:31 pm
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

ITS, Tuban – Selasa, 14 Maret 2023, PDPM ITS melaksanakan FGD evaluasi capaian indikator makro Kabupaten Tuban di Bappeda Tuban. Tujuan FGD ini adalah melakukan evaluasi program/kegiatan/sub kegiatan OPD triwulan 4 2022, mengidentifikasi program/kegiatan/sub kegiatan triwulan 1 2023. Ada 15 dinas yang diundang dalam FGD ini, diantaranya Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluama Berencana, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak serta Pemberdayaan Masyarakat Desa. PDPM ITS membawa 5 tenaga ahli sekaligus tim penyusun. Masing-masing tenaga ahli terbagi dalam 3 tim. 1 tim berdiskusi dengan 4 sampai 5 OPD.

Indikator penurunan angka kemiskinan Kabupaten Tuban adalah pemanfaatan teknologi informatika, peningkatan kualitas dan pemerataan infrastruktur dasar, peningkatan pertumbuhan ekonomi berbasis pemberdayaan dan ekonomi kerakyatan, peningkatan kualitas jaminan sosial, peningkatan kualitas sumber daya manusia, peningkatan stabilitas, keamanan dan ketertiban daerah serta penurunan angka pengangguran. Dari indikator tersebut, tim PDPM ITS melakukan evaluasi kinerja dan anggaran untuk didiskusikan dengan OPD terkait. Hasil evaluasi kinerja terbagi menjadi 3, yaitu melampaui, tercapai dan belum tercapai. Sementara hasil evaluasi anggaran terbagi menjadi 3 yaitu sangat kurang, kurang efisien dan efisien. Tugas OPD adalah melengkapi faktor pendorong dan penghambat terkait kinerja dan anggaran.

Fitri Widianti, perwakilan dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, dan Perdagangan, mengatakan bahwa penentuan lokasi dan sasaran program menggunakan data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial). Contohnya, dalam menentukan sasaran bansos. Beberapa program juga efektif mendukung indikator kinerja utama, misalnya Program pemberdayaan UMKM dapat menurunkan TPT, Program kebutuhan cafe industri (fasilitasi café di pantai boom) efektif menurunkan kemiskinan dan TPT dengan sasaran program adalah merekrut pegawai penyandang disabilitas.

Dr. Sutikno, M.Si selaku ketua tim sekaligus tim penyusun mengatakan tindak lanjut dari FGD ini adalah munculnya rekomendasi yang lebih spesifik untuk masing-masing OPD agar lebih tajam dan tepat dalam menurunkan kemiskinan, pengangguran dan meningkatkan IPM Kabupaten Tuban. (dw)

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.