News

Rencana Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas di Kabupaten Probolinggo

Sen, 27 Mar 2023
10:20 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Probolinggo, ITS – Senin, 20 Maret 2023, PDPM ITS melaksanakan presentasi laporan pendahuluan Penyusunan Rencana Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas Kabupaten Probolinggo. Presentasi dilaksanakan di Ruang Rapat Bapelitbangda Kabupaten Probolinggo. Kegiatan ini terdiri atas Peyusunan Perhitungan Capaian Indikator Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan Kabupaten Probolinggo serta Penyusunan Rencana Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas Kabupaten Probolinggo Tahun 2024 – 2026. Kegiatan ini dihadiri oleh OPD terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup, PUPR, Perumkim dan Dishub. Sementara Perwakilan PDPM ITS adalah Dr. Sutikno, M.Si selaku kepala PDPM ITS dan tim penyusun

Ketersediaan infrastruktur memberikan dampak terhadap sistem sosial dan sistem ekonomi yang ada di masyarakat. P-RPJMD Kabupaten Probolinggo 2018-2023 menempatkan infrastruktur sebagai salah satu misi pembangunan dalam pencapaian Visi Kabupaten Probolinggo. Kabupaten Probolinggo masih membutuhkan pembangunan infrastruktur, baik untuk kebutuhan dasar maupun kewilayahan. Namun demikian, dengan keterbatasan sumber daya yang dimiliki, mengharuskan adanya skala prioritas pembangunan infrastruktur.

Metode analisis yang dilakukan adalah analisis sinkronisasi dan evaluasi, analisis skala prioritas dan analisis akar permasalahan hambatan dan tantangan pembangunan. Kriteria menetapkan prioritas dilihat berdasarkan Besar permasalahan yang dihadapi, Tingkat keparahan suatu kasus (risiko), Kelayakan (kemampuan finansial, sumberdaya), Kebutuhan (rencana strategis), Kebijakan Pemerintah (dokumen rencana, komitmen politis).

Kegiatan yang dilakukan selanjutnya setelah presentasi laporan pendahuluan adalah pengambilan data primer dan sekunder, rekapitulasi data, pengolahan serta analisis data dan pemaparan laporan antara serta laporan akhir. Kegiatan ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian PDPM yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan SDG’s yaitu tujuan nomer (8) pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (dw)

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.