News

ITS dan Kanwil BPN Jatim Bekerja Sama dalam Kajian Kerentanan Sosial

Sen, 29 Mei 2023
3:44 pm
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Surabaya-ITS. Senin 29 Mei 2023 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dengan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Jawa Timur melaksanakan tanda tangan Perjanjian Kerja Sama Kegiatan Kajian Kerentanan Sosial Provinsi Jawa Timur Program Percepatan Reforma Agraria (PPRA). Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Reforma Agraria Lantai 2 Kanwil BPN Jawa Timur. Hadir dalam kegiatan ini adalah Kepala Kantor Wilayah BPN Jawa Timur Ir. H. Jonahar, M.Ec.Dev., Kepala Bagian Tata Usaha Ribut Cahyono, SH., MHum., Kepala Bidang Survei dan Pemetaan BPN Jawa Timur Hendi Pranabowo, ST., Kepala Kantor Pertanahan lokasi kajian dan Project Manajemen Unit (PMU) Bank Dunia, Direktur Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat ITS Fadlilatul Taufany, ST., Ph.D., tenaga ahli Kajian Kerentanan Sosial Dr Soedarso, M.Hum. dan Yuni Setyaningsih, S.PKm., M.Sc. dari Departemen Studi Pembangunan ITS.

Direktur Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat ITS Fadlilatul Taufany, ST., Ph.D. menyampaikan terima kasih kepada Kakanwil BPN Jawa Timur yang memberikan kesempatan kepada ITS untuk berkontribusi kepada negara dan masyarakat. Salah satunya melalui Kegiatan Kajian Kerentanan Sosial PPRA ini. Dalam kegiatan ini, ITS melaksanakan kajian kerentanan sosial ini dengan memberikan nilai tambah dengan meng-integrasikan data-data spasial dan penyajian dalam bentuk web yang bisa diakses semua pihak. Maka dalam tim kajian ini ada Dr. Sutikno, M.Si. dari Statistik yang juga Kepala Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM), Mokhamad Nur Cahyadi, ST., M.Sc., Ph.D. dari Geomatika, Nur Aini Rakhmawati, S.Kom., M.Sc.Eng., PhD. dari Sistem Infomasi, Dr. Soedarso, M.Hum. dan Yuni Setyaningsih, S.PKm., M.Sc. dari Studi Pembangunan.

ITS siap bekerja sama dengan Kanwil BPN Jawa Timur di berbagai bidang. Dalam obrolan singkat dengan Kakanwil, banyak hal yang bisa disupport ITS untuk Kanwil BPN Jawa Timur. Baik melalui kebutuhan SDM, pelatihan maupun bidang lainnya. ITS selama ini juga sudah berkontribusi dalam program strategis nasional. Seperti program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) di BPN, pencegahan dan penanganan stunting di Kementerian Keuangan dan banyak lagi. ITS berharap pertemuan dan kerja sama ini sebagai langkah awal untuk kerja sama lainnya. Mewakili Rektor ITS Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng. Direktur Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat menyampaikan terima kasih.

Kepala Kantor Wilayah BPN Jawa Timur Ir. H. Jonahar, M.Ec.Dev. menyampaikan bahwa kerja sama dengan ITS sudah ada sejak Tahun 2022. Melalui program strategi nasional percepatan PTSL. Indikator kinerja Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/ Badan Pertanahan Nasional (BPN) 25% berasal dari Kanwil BPN Jawa Timur. Jadi kalau kinerja Kanwil BPN Jawa Timur kurang bagus, bisa dipastikan Kinerja Kementerian ATR/BPN pasti juga kurang bagus. Maka Kanwil BPN Jawa Timur harus bekerja secara tepat waktu dan tepat target. Seperti PKS Kajian Kerentanan Sosial PPRA ini harus tepat waktu dan tepat target.

Kegiatan Kajian Kerentanan Sosial Program Percepatan Reforma Agraria ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) yaitu pengentasan kemiskinan, pengembangan wilayah berkelanjutan dan manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu tujuan nomer (1) tanpa kemiskinan, tujuan nomer (5) kesetaraan gender, tujuan nomer (10) berkurangnya kesenjangan dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Sgh).

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.