News

Workshop Identifikasi dan Pengembangan Potensi Wilayah Kabupaten Kediri

Rab, 22 Nov 2023
3:46 pm
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Kediri-ITS. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemerintah Kabupaten Kediri menyelenggarakan Workshop Identifikasi dan Pengembangan Potensi Wilayah Tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Pengembangan Kompetensi ASN Kabupaten Kediri Desa Bulusari Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri. Workshop ini dilaksanakan selama 3 hari mulai Selasa 21 November 2023 sampai Kamis 23 November 2023. Peserta warkshop sebanyak 30 orang terdiri dari staf perencana di tiap kecamatan yang ada di Kabupaten Kediri dan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD).

Tujuan workshop ini adalah meningkatkan kemampuan peserta dalam memahami kebutuhan program kegiatan untuk pengembangan potensi wilayahnya. Peserta terampil dalam mengumpulkan data sesuai kebutuhan untuk perencanaan pembangunan. Peserta mampu menyusun potensi dan permasalahan yang ada di kecamatan. Peserta terampil dalam menyusun program dan prioritas program untuk pengembangan potensi wilayah. Sehingga program yang akan disusun dan dilaksanakan sesuai dengan potensi dan permasalahan yang ada serta sesuai dengan arah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kediri.

Pembukaan kegiatan workshop oleh Sekda Kabupaten Kediri Dr. Mohammad Solikin, MAP yang diwakili oleh Plt. Kepala BKD Kabupaten Kediri Heru Santoso, SE., MM. Dalam sambutannya, Plt. Kepala BKD Heru Santoso menyampaikan harapannya kepada peserta untuk mengikuti workshop ini dengan seksama. Karena workshop ini untuk meningkatkan kompetensi ASN dan  bermanfaat dalam menunjang tupoksi peserta dalam kinerja di dinas nya masing-masing. Terutama ASN yang ada di kantor kecamatan. Bagaimana ASN di kantor kecamatan bisa menggali data potensi yang ada di wilayahnya untuk dikembangkan sebagai program pengembangan potensi lokal untuk kemandirian ekonomi. ASN di kantor kecamatan juga dapat memberikan masukan kepada Camat dalam pengembangan potensi yang ada di wilayahnya. Kegiatan ini juga sebagai pembelajaran dan sharing untuk melihat best practices yang ada. Sehingga program pengembangan wilayah yang baik dan sukses bisa direplikasi di wilayah-wilayah lain di Kabupaten Kediri.

Pemateri dalam kegiatan ini berasal dari internal Pemerintah Kabupaten Kediri dan ITS Surabaya. Materi yang diajarkan dalam workshop meliputi self performance, diskusi program perencanaan dan implementasi di wilayah kecamatan, kebutuhan data untuk perencanaan program, kebijakan pengembangan potensi lokal, penguatan prioritas potensi lokal, kebijakan intensifikasi PAD Kabupaten Kediri, pengumpulan informasi dan data sebagai dasar perencanaan program pengembangan potensi di kecamatan, penyusunan dan penentuan prioritas program. Di akhir kegiatan, peserta mendapatkan penugasan untuk menyusun analisa kebutuhan dan program pengembangan potensi wilayah berdasarkan analisa SWOT. Analisa SWOT nya berdasarkan data pendukung. Baik data sekunder maupun data primer hasil pengamatan dan wawancawa dengan stakeholder.

Kegiatan Workshop Identifikasi dan Pengembangan Potensi Wilayah Tahun 2023 Kabupaten Kediri ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/ Sustainable development goals (SDG’s) yaitu tujuan nomer (8) pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, tujuan nomer (11) kota dan pemukiman berkelanjutan dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Sgh).

 

 

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.