News

Pengurangan Beban Pengeluaran dan Pemberdayaan sebagai Strategi Penurunan Kemiskinan

Rab, 08 Mei 2024
9:10 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Presentasi RAT Percepatan Penurunan Kemiskinan Kabupaten Tuban

 

Tuban-ITS. Pengurangan beban pengeluaran untuk layanan dasar rumah tangga dan pemberdayaan rumah tangga miskin untuk meningkatkan pendapatan sebagai strategi penurunan kemiskinan Kabupaten Tuban Tahun 2025. Kegiatan tersebut diiringi dengan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dan perlindungan sosial rumah tangga miskin. Hal ini disampaikan tim Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dalam acara presentasi akhir Penyusunan Rencana Aksi Tahunan (RAT) Percepatan Penurunan Angka Kemiskinan Kabupaten Tuban Tahun 2025. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Badan Perencanaan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Tuban pada Hari Selasa 7 Mei 2024. Tim PDPM ITS yang hadir adalah Kepala PDPM ITS Dr. Sutikno, M.Si., Ketua Tim Yuni Setyaningsih, S.PKm., M.Sc. dari Departemen Studi Pembangunan ITS, dan para asisten peneliti.

Presentasi RAT ini dihadiri oleh perwakilan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tuban, Baznas Kabupaten Tuban, Dinas Sosial, P3A serta PMD, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB, Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, Dinas Ketahana Pangan, Pertanian dan Perikanan, Dinas PUPR PRKP, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan, Dinas PMPTSP, Disdukcapil, Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Satpol PP dan Damkar, Bagian Perekonomian dan SDA Sekda, Bidang Perekonomian, SDA, Infrastruktur dan Kewilayahan, Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Bidang Litbang, Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia, Perencana Ahli Muda Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia, dan perwakilan Bappeda Litbang Kabupaten Kediri.

Tim ITS menyampaikan materi presentasi

 

Kegiatan Penyusunan Dokumen Rencana Aksi Tahunan (RAT) Percepatan Penurunan Angka Kemiskinan Kabupaten Tuban Tahun 2025 ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB)/sustainable development goals (SDG’s) yaitu tujuan nomer (1) menghapus kemiskinan, tujuan nomer (2) menghapus kelaparan, nomer (12) konsumsi dan produksi yang berkelanjutan dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Har).

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.