News

Sasaran Utama RPJPD Kapuas adalah Transformasi

Jum, 17 Mei 2024
5:19 pm
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Peserta Penyusunan Dokumen RPJPD Kapuas

Surabaya – ITS. Sasaran utama rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) Kabupaten Kapuas Tahun 2025 – 2045 adalah transformasi. Yaitu transformasi sosial, transformasi ekonomi, transformasi ekologi dan transformasi tata kelola. Sasaran transformasi sosial adalah meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat. Sasaran transformasi ekonomi adalah optimalisasi komoditas unggulan daerah serta penguatan struktur dan kelembagaan perekonomian. Sasaran transformasi ekologi adalah meningkatnya kualitas lingkungan hidup. Sasaran transformasi tata kelola adalah optimalisasi penyelenggaraan sistem pemerintahan. Demikian hasil finalisasi penyusunan dokumen RPJPD Kabupaten Kapuas yang diselenggarakan oleh Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Finalisasi penyusunan Dokumen RPJPD Kabupaten Kapuas dilaksanakan pada Hari Jumat 17 Mei 2024 di Ruang Sidang DRPM Lantai 5 Gedung Pusat Riset ITS. Kegiatan ini dihadiri oleh semua perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Kapuas.

Kegiatan finalisasi ini dibuka oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Kapuas Drs. Catur Feriyanto, MT dan Tenaga Ahli Perencanaan Wilayah dan Kota Dr. Ir. Eko Budi Santoso, Lic.Rer.Reg. Dalam sambutannya, Catur Feriyanto menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bagian akhir dari proses penyusunan dokumen RPJPD Kabupaten Kapuas. Semua OPD harus segera mengisi indikator kinerja dan target capaian kinerja perangkat daerah pada link yang telah disediakan ITS bersama Bappelitbangda Kapuas. Eko Budi Santosa menyampaikan selamat datang di Kampus ITS Sukolilo, Kampus Perjuangan. ITS sudah membuka program studi kedokteran dan teknologi kedokteran. Sebagai bentuk menghadapi tantangan perubahan zaman. Berkaca pada pandemi covid-19.

Pendalaman indikator dan target kinerja OPD

Eko Budi Santoso menyampaikan kegiatan ini akan dibagi menjadi 3 (tiga) desk. OPD akan dikelompokkan menjadi 3. Nanti akan ada sesi pendalaman bagi setiap OPD yang akan dilakukan oleh tenaga ahli dan asisten. Hasil pendalaman ini akan dirumuskan dalam naskah dokumen RPJPD Kabupaten Kapuas 2025-2045.

Kegiatan penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Kapuas Tahun 2025 – 2045 sesuai dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) / sustainable development goals (SDG’s) yaitu tujuan nomer (1) menghapus kemiskinan, tujuan nomer (2) menghapus kelaparan, tujuan nomer (3) kehidupan sehat dan sejahtera, tujuan nomer (4) pendidikan berkualitas, tujuan nomer (5) kesetaraan gender, tujuan nomer (6) air bersih dan sanitasi layak, tujuan nomer (8) pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, tujuan nomer (10) berkurangnya kesenjangan, dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Har).

Suasana finalisasi penyusunan Dokumen RPJPD Kapuas

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.