News

Capaian Kinerja Pemerintah Kota Mojokerto Cukup Baik

Jum, 14 Jun 2024
11:02 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Tim ITS menyampaikan laporan IKUPD Kota Mojokerto

Kota Mojokerto-ITS. Capaian kinerja Pemerintah Kota Mojokerto di tahun 2023 menunjukan status capaian yang cukup baik. Hal tersebut ditunjukkan melalui tercapainya 7 indikator kinerja utama (IKU) dari 9 indikator IKU. Indikator yang belum tercapai ada pada indikator pada misi 4 dan misi 6, yakni Laju Pertumbuhan Ekonomi dengan evaluasi ketercapaian 62,00% dan Indeks Gini capaiannya 98,58%. Hal ini disampaikan Tim Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dalam kegiatan presentasi laporan akhir Penyusunan Indikator Kinerja Utama Pemerintah Daerah (IKUPD) Kota Mojokerto Tahun 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mojokerto pada Hari Jumat 14 Juni 2024. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD), inspektorat dan tim penyusun dari ITS Surabaya.

Kepala PDPM ITS Dr. Sutikno, M.Si. menyampaikan bahwa ketercapaian misi Pemerintah Kota Mojokerto dilihat melalui capaian kinerja Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Indikator Kinerja Sasaran (IKS) yang berhasil tercapai 5 dari 7 indikator tujuan. Berdasarkan IKS menunjukkan bahwa 22 indikator dari 28 indikator dengan capaian baik Tahun 2023.  Ada 6 Indikator Kinerja Sasaran (IKS) yang belum mencapai target yang tentunya perlu tindakan lebih untuk mencapai target, yakni Nilai SAKIP (83,48%), Laju Inflasi (36,46%), Pertumbuhan PDRB Sektor Industri (-556,40%), Laju Inflasi (79,55%), Angka Kemiskinan (97,40%), Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) (82,77%), dan Rasio Kemandirian Keuangan Daerah (85,77%).

Faktor pendorong dalam pelaksanaan indikator baik IKU dan IKS adanya kerjasama yang baik dengan stakeholder terkait. Sedangkan faktor penghambat adalah adanya dampak melemahnya pertumbuhan ekonomi akibat tutupnya industry tembakau. Masih kurang optimalnya pelaksanaan program/kegiatan/sub kegiatan yang mendukung indicator kinerja. Serta masih perlu peningkatan kapabilitas dan pengetahuan SDM dalam mencapai target pada tiap indikator.

Kepada Diskominfo Kota Mojokerto menyampaikan sambutan

Kegiatan penyusunan Indikator Kinerja Utama Pemerintah Daerah (IKUPD) Pemerintah Kota Mojokerto Tahun 2024 ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB)/sustainable development goals (SDG’s) yaitu tujuan nomer (1) menghapus kemiskinan, tujuan nomer (2) menghapus kelaparan, tujuan nomer (3) kehidupan sehat dan sejahtera, tujuan nomer (4) Pendidikan berkualitas, tujuan nomer (5) kesetaraan gender, tujuan nomer (6) air bersih dan sanitasi layak, tujuan nomer (8) pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, tujuan nomer (10) berkurangnya kesenjangan, dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Har).

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.