News

ITS Bersama Diskominfo Menyusun IKS Kota Mojokerto

Sen, 24 Jun 2024
6:29 pm
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Presentasi laporan awal penyusunan IKS Kota Mojokerto

Kota Mojokerto – ITS. Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direkorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemerintah Kota Mojokerto melaksanakan kegiatan penyusunan Indeks Kesalehan Sosial (IKS) Kota Mojokerto Tahun 2024. Tujuan dari penyusunan IKS adalah untuk mengetahui bagaimana pengetahuan masyarakat beragama tentang ibadah sosial di Kota Mojokerto. Mengetahui pola kausalitas antara pengetahuan dengan kesalehan sosial pada masyarakat di Kota Mojokerto. Mengukur Indeks Kesalehan Sosial masyarakat Kota Mojokerto sebagai dasar/rujukan untuk perencanaan pembangunan daerah. Dan mengetahui tingkat keberhasilan program Pemerintah Kota Mojokerto yang berkaitan dengan upaya untuk mewujudkan kesalehan sosial bagi masyarakat.

Tim Penyusun ITS menyampaikan laporan awal kegiatan penyusunan IKS Kota Mojokerto pada Hari Senin 24 Juni 2024 di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mojokerto. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Diskominfo, perwakilan Bakesbangpol, perwakilan Polres, perwakilan Disdik, perwakilan Dinsos, perwakilan Dispendukcapil, perwakilan Kemenag Mojokerto, Ketua Tim Penyusun IKS Drs. Zainul Muhibbin M.Fill. dari Departemen Studi Pembangunan ITS, tenaga ahli statistik Dr. Sutikno, M.Si. dari Departemen Statistika, dan asisten tenaga ahli.

Dr. Sutikno, M.Si. menyampaikan bahwa Tim ITS akan melaksanakan survei kepada responden di Kota Mojokerto. Distribusi responden berdasarkan jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, agama dan tempat tinggal. Aspek dimensi yang diukur dalam survei ini adalah solidaritas sosial, toleransi dan ketertiban umum/stabilitas. Dimensi yang diukur akan di-breakdown menjadi beberapa subdimensi dan indikator.

Suasana diskusi penyusunan IKS Kota Mojokerto

Kegiatan Penyusunan Indeks Kesalehan Sosial Kota Mojokerto ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direkorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah dan pengembangan wilayah berkelanjutan. Kegiatan ini juga sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu tujuan nomer (1) tanpa kemiskinan, tujuan nomer (5) kesetaraan gender, tujuan nomer (10) berkurangnya kesenjangan dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Har).

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.