News

Presentasi Siswa dan Mahasiswa Magang PDPM ITS

Sel, 25 Jun 2024
3:51 pm
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Mahasiswan StatBis FV Audy Shafira menyampaikan presentasi

Surabaya – ITS. Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, menyelenggarakan kegiatan presentasi magang/kerja praktek siswa/mahasiswa. Kegiatan presentasi siswa/mahasiswa dilaksanakan pada Hari Selasa 25 Juni 2024 di Ruang Sidang Kantor PDPM Gedung Pusat Riset Lantai 7. Presentasi magang di PDPM dihadiri oleh Kepala PDPM Dr. Sutikno, M.Si., Wakil Kepala PDPM Dr. Soedarso, M.Hum., Guru SMK Adhikawacana Fifin Christyanto, dosen pembimbing magang Departemen Statistika Bisnis FV ITS Mukti Ratna Dewi, S.Si., M.Sc., Zakiatul Wildani, S.Si., M.Sc. dan Iis Dewi Ratih, S.Si, M.Si. siswa magang SMK Adhikawacana, mahasiwa magang Statistika Bisnis FV ITS, pembimbing lapangan dan staf PDPM ITS.

Siswa magang yang presentasi adalah Nur Azizah dan Octaviani Ramadhani Jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis SMK Adhikawacana. Mahasiswa/i Statistika Bisnis magang yang presentasi adalah Cicilia Regita Cahyani, Audy Shafira Nurfariesha Azahra, M. Rozan Hakim, Siddhi Wipracintya Galan Pusaka, Andryan Situmorang dan Nathania Verda Santoso. Siswa dan mahasiswa magang diberikan waktu presentasi maksimal 15 menit. Kemudian dilanjutkan tanya jawab oleh dosen pembimbing magang, pembimbing lapangan, dan manajemen PDPM. Siswa dan mahasiswa magang menyampaikan kegiatan selama magang, hal-hal yang didapatkan selama magang, pengalaman yang dikenang, luaran kegiatan magang.

Sesi tanya jawab presentasi magang PDPM

Cicilia Regita Cahyani mahasiswa dari Bojonegoro menyampaikan pengalamannya selama kegiatan magang di PDPM. Cicil, panggilan sehari-harinya, mendapatkan banyak manfaat selama magang di PDPM. Diantaranya menambah pengalaman di dunia kerja khususnya yang berkaitan dengan statistika. Melatih diri bekerja sama dalam tim dan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Serta mendapat perspektif dan ide baru dalam memasuki dunia kerja. Selama 4 (empat) bulan magang, Cicil terlibat di kegiatan Studi Penilaian kebutuhan komunitas guna penguatan kearifan lokal di bidang ekonomi, sosial dan budaya di Kota Probolinggo sebagai PIC, kegiatan standar satuan harga (SSH) Tuban dan Blitar sebagai surveyor. Tantangan selama magang di PDPM diantaranya menangani surveyor dengan bermacam-macam karakter, harus teliti dan detail dengan banyak data serta harus siap menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Potong tumpeng setelah selesai presentasi magang PDPM

 

Kepala PDPM ITS Dr. Sutikno, M.Si. menyampaikan bahwa pengalaman selama magang di PDPM adalah miniatur dunia kerja. Pekerja di dunia kerja dituntut untuk selalu siap setiap saat. Dituntut keja sesuai jadwal dan deadline. Kadang juga dapat pimpinan yang tidak ramah. Di PDPM siswa dan mahasiswa magang dilatih dan dididik untuk memahami proses kegiatan, bagaimana merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan, bagaimana menghadapai dan menyampaikan laporan di hadapan klien. Semua mahasiwa diberikan kesempatan untuk meningkatkan kapasitas dan kemapuan diri. Selain itu siswa dan mahasiswa magang akan mendapatkan sertifikat dan juga kompensasi kegitan sesuai dengan kemampuan PDPM. (Har).

Foto bersama di depan Kantor PDPM

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.