News

Presentasi KP Mahasiswa SP di PDPM ITS

Kam, 27 Jun 2024
5:44 pm
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Muhammad Firdaus Rahadiansyah menyampaikan presentasi KP

Surabaya – ITS. Kamis 27 Juni 2025 Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, menyelenggarakan kegiatan presentasi kerja praktek (KP). Mahasiswa yang melaksanakan presentasi KP berasal dari Departemen Studi Pembangunan (SP) Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (FDKBD) ITS Surabaya. Presentasi KP ini dihadiri oleh pembimbing lapangan Novianti Ika Sari, S.Si., M.Si. dan Sugiharto, ST, mahasiswa KP di PDPM Cantika Dwi Maydina, Shafa Alya N.F., Gayatri Ratri Qintan, Muhammad Firdaus Rahadiansyah dan Achmad Syah Rafif. Mahasiswa KP menyampaikan kegiatannya selama KP di PDPM. Mahasiswa menyampaikan apa saja yang telah dikerjakan, hal-hal yang didapatkan selama KP, pengalaman yang dikenang, luaran kegiatan KP.

Cantika Dwi Maydina mahasiswa dari Pamekasan menyampaikan pengalamannya selama kegiatan KP di PDPM. Cece, panggilan sehari-harinya, mendapatkan banyak manfaat selama KP di PDPM. Cece terlibat di project Kajian Kerentanan Sosial (KKS) Program Percepatan Reforma Agraria (PPRA) Jawa Timur. Project kerja sama ITS dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Bangunan (BPN) Kantor Wilayah Jawa Timur. Dalam project KKS PPRA, Cece terlibat sebagai asisten tenaga ahli dan kordinator lapangan. Banyak ilmu dan pengalaman selama menjadi asisten dan coordinator lapangan. Bagaimana belajar dispilin diri, bagaimana manajemen waktu, bagaimana menentukan skala prioritas kegiatan. Pelajaran yang diperolah selama KP di PDPM adalah mengetahui tata cara penulisan ilmiah. Mampu mengasah soft skills. Melatih untuk disiplin, bekerja keras, dan mampu bertahan di bawah tekanan. Menentukan skala prioritas kegiatan. Belajar bagaimana bersikap professional dan sopan santun. Mengetahui dan belajar metodologi atau tools baru. Belajar tanggung jawab dan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. KP di PDPM juga sesuai dan liner dengan mata kuliah di SP. Diantaranya mata kuliah pemetaan sosial, mata kuliah gender dan pembangunan, mata kuliah pelibatan masyarakat, mata kuliah sosiologi pembangunan, mata kuliah manajemen proyek, mata kuliah metode penelitian kulitatif dan mata kuliah metode penelitian kuantitatif. Pengalaman yang berkesan adalah, bisa rekreasi/healing ketika kegiatan KKS PPRA di luar kota.

Shafa Alya Mahasiswa SP FDKBD ITS menyampaikan presentasi

 

Pembimbing lapangan Novianti Ika Sari, S.Si., M.Si. menyampaikan bahwa pengalaman selama KP di PDPM adalah miniatur dunia kerja. Mahasiswa dilatih dan dididik untuk cepat belajar dan inisiatif. Mahasiswa juga harus cepat menyesuaikan diri dengan ritme lingkungan kerja. PDPM berharap pengalaman baik selama KP di PDPM dapat menjadi bekal bagi mahasiswa dalam menyelesaikan kuliah dan nanti ketika lulus serta memasuki dunia kerja. (Har).

Foto bersama mahasiswa KP dengan Kepala dan Wakil Kepala PDPM ITS

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.