News

ITS Siap Membantu Kapuas Menyusun RDTR

Sel, 02 Jul 2024
2:34 pm
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Diskusi Penyusunan RDTR Kawasan Perkotaan Pujon Kabupaten Kapuas

Surabaya – ITS. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya siap membantu Pemerintah Kabupaten Kapuas dalam menyusun rencana detail tata ruang (RDTR) Kawasan Perkotaan Pujon. Hal ini disampaikan disampaikan Tim ITS dalam kegiatan kick off  Penyusunan RDTR Kawasan Perkotaan Pujon Kabupaten Kapuas. Kick off  dilaksanakan pada Hari Selasa 2 Juli 2024 di Kantor Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) ITS Surabaya. Hadir dalam kegiatan ini adalah A’an Meiza, Jemy Pindatri dan Florence perwakilan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahaan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Dinas PUPR PKPP) Kapuas, Firman Afrianto, Dimas Tri Rendra G, Johan W.P., Dwi Handoko, Sutikno dan Prianti Tuhu perwakilan dari Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) ITS Surabaya.

A’an Meiza menyampaikan bahwa kerangka acuan kerja (KAK) Penyusunan RDTR Kawasan Perkotaan Pujon akan diseraahkan ke ITS. Luaran kegiatan ini adalah sampai terbitnya Peraturan Kepala Daerah (Perkada) Tentang RDTR Kawasan Perkotaan Pujo. Pemkab Kapuas berharap semua tahapan kegiatan dapat dilaksanakan sesuai jadwal. Dinas PUPR PKPP siap mensupport kebutuhan data dan lapangan untuk menyelesaikan kegiatan ini.

Kepala PDPM ITS Dr. Sutikno, M.Si. menyambut baik kerja sama ini. ITS akan memilih tenaga ahli yang berkompeten dan berpengalaman dalam penyusunan RDTR. Sebagai informasi ketua Tim Penyusun RDTR Kawasan Perkotaan Pujon adalah Putu Gde Ariastita, Dosen Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ITS. Beliau sudah berpengalaman dalam Menyusun RDTR beberapa kota/kabupaten di Indonesia. Dengan kompetensi dan pengalaman Putu Gde Ariastita, ITS siap menyelesaikan kegiatan ini.

Tim penyusun RDTR bersama perwakilan Dinas PUPR PKPP Kapuas

Kegiatan kick off  penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan Perkotaan Pujon ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yaitu manajemen tata kelola pemerintrah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB)/sustainable development goals (SDG’s) yaitu tujuan nomer (8) pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, tujuan nomer (9) infrastruktur, industry dan inovasi, nomer (11) kota dan komunitas yang berkelanjutan dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Har).

 

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.