News

ITS Siap Menyusun PDRB Tingkat Kecamatan di Kabupaten Tuban

Rab, 03 Jul 2024
8:50 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Foto bersama Tim BPS Tuban, surveyor dan Tim ITS

Tuban, 2 Juli 2024 – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melalui Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pengembangan Masyarakat (PDPM) kembali menjalin kerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tuban dalam rangka survei penyusunan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) setiap kecamatan di Kabupaten Tuban. Kerjasama ini merupakan program tahunan yang bertujuan untuk memetakan kondisi ekonomi di tingkat kecamatan dan mengidentifikasi ketimpangan ekonomi antar wilayah.

Bertempat di Ruang Rapat BPS Kabupaten Tuban, pada Selasa (2/7/2024), surveyor lokal yang ditugaskan oleh PDPM ITS mengikuti briefing awal terkait pelaksanaan survei. Briefing ini dipimpin oleh Arif Suroso Ketua Neraca Wilayah dan Analisis Statistik BPS Kabupaten Tuban. Turut hadir perwakilan dari PDPM ITS, yaitu Novianti Ika Sari, S.Si., M.Si, Nur Suci Romadloni, SM., serta  mahasiswa kerja praktik Daniyal Wiraharja dan Untsa Shafwatul’ula. Briefing yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam ini membahas secara detail mengenai pelaksanaan survei, termasuk pengenalan kuesioner yang akan digunakan untuk mengumpulkan data.

Arif Suroso secara gamblang menjelaskan tujuan survei dan menekankan pentingnya setiap surveyor memahami setiap pertanyaan dalam kuesioner agar data yang diperoleh akurat dan relevan. Salah satu tujuan utama dari survei ini adalah untuk mengukur ketimpangan ekonomi antar kecamatan di Kabupaten Tuban menggunakan Indeks Williamson (IW). Pemilihan Indeks Williamson didasarkan pada data tahun-tahun sebelumnya yang menunjukkan adanya ketimpangan ekonomi yang cukup signifikan di Kabupaten Tuban. Ada satu kecamatan yang mendominasi perekonomian wilayah Kabupaten Tuban. “Survei ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai kondisi ekonomi di setiap kecamatan di Kabupaten Tuban. Dengan data yang akurat, kita dapat merumuskan strategi pembangunan yang lebih tepat sasaran untuk menekan ketimpangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh wilayah,” ujar Novianti Ika Sari perwakilan PDPM ITS. Kegiatan briefing diakhiri dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang aktif dari surveyor. Hal ini menunjukkan kesiapan surveyor untuk menjalankan tugasnya dengan baik dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk survei PDRB kecamatan di Kabupaten Tuban.

Briefing survei PDRB Kecamatan di Kabupaten Tuban

Kegiatan survei penyusunan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) setiap kecamatan di Kabupaten Tuban selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB)/sustainable development goals (SDG’s) yaitu tujuan nomer (5) kesetaraan gender, tujuan nomer (8) pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, tujuan nomer (10) mengurangi ketimpangan dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan.

 

Reporter: Daniyal Wiraharja dan Untsa Shafwatu.
Redaktur: Har.

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.