News

ITS dan Bappeda Litbang Menyusun Kajian Neraca Mineral Bukan Logam

Rab, 24 Jul 2024
2:00 pm
Bidang Sanitasi dan Lingkungan
Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Presentasi Lapdal Kajian Neraca Bukan Logam di Kabupaten Tuban

Tuban – ITS. Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melaksanakan kegiatan presentasi laporan pendahuluan Kajian Neraca Potensi Mineral Bukan Logam dan Batuan Berbasis Tata Ruang di Kabupaten Tuban. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu 24 Juli 2024 di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Tuban. Hadir dalam kegiatan ini adalah Tim Penyusun ITS, perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD), dan perwakilan Bappeda Litbang Pemerintah Kabupaten Tuban.

Tim penyusun ITS Wien Lestari, ST., MT. menyampaikan maksud dan tujuan kajian ini adalah untuk memantau dan mengontrol sumber daya, cadangan dan produksi pertambangan yang berkelanjutan. Memberikan rekomendasi arah kebijakan Pemerintah Kabupaten Tuban untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan iklim investasi bidang pertambangan. Wien Lestari, dosen Departeman Geofisika ITS, menyampaikan tahapan kegiatan dalam kajian ini. Dimuali dengan studi literatur dan pengumpulan data sekunder. Data yang digunakan adalah data geologi, sebaran mineral bukan logam, wilayah izin usaha pertambangan, dan elevasi Lokasi.  Data ini dihimpun dari data pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan dari industri/pelaku usaha pertambangan. Setelah data terkumpul, dilaksanakan tahapan pengolahan data. Kemudian dilanjutkan penyusunan dan overlay peta. Dari peta yang dibuat, kemudian diidentifikasi karakteristik batuan, potensi sumber daya alam, produksi dan cadangan yang tersedia.

Dosen Geofisika ITS Wien Lestari menyampaikan materi laporan pendahuluan

Kegiatan Kajian Neraca Potensi Mineral Bukan Logam dan Batuan Berbasis Tata Ruang di Kabupaten Tuban ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah dan pengelolaan lingkungan dan kawasan. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB)/sustainable development goals (SDG’s) yaitu tujuan nomer (1) menghapus kemiskinan, tujuan nomer (9) infrastruktur, industri dan inovasi, tujuan nomer (15) menjaga ekosistem darat serta tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Har).

 

Latest News

  • Abmas ITS Membantu Menyediakan Air Bersih Pondok Pesantren

    Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (abmas) di Pondok Pesantren Kedunglo Miladiyyah Kelurahan Bandar

    18 Sep 2024
  • ITS dan Bappeda Litbang Menyusun Kajian Neraca Mineral Bukan Logam

    Tuban – ITS. Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut

    24 Jul 2024