News

Abmas ITS Membantu Menyediakan Air Bersih Pondok Pesantren

Rab, 18 Sep 2024
4:28 pm
Bidang Sanitasi dan Lingkungan
Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Peresmian Filter dan Penyuluhan PHBS di Pondok Pesantren

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (abmas) di Pondok Pesantren Kedunglo Miladiyyah Kelurahan Bandar Lor Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Kegiatan abmas ini berupa penjernihan air payau menjadi air bersih dengan menggunakan membran reserve osmosis. Ketua kegiatan abmas ini adalah Deti Rahmawati, S.IP., MT. dosen Departemen Studi Pembangunan ITS. Tujuan kegiatan abmas ini adalah pembuatan filter air di pondok pesantren dalam rangka meningkatkan ketersediaan air bersih yang aman dan berkualitas. Ketersediaan air bersih akan mengatasi permasalahan penyakit berbasis lingkungan seperti gatal-gatal. Kegiatan abmas ini memberikan manfaar kepada pondok pesantren berupa peningkatan kualitas air, pencegahan penyakit dan peningkatan Kesehatan santri pondok.

Pemasangan filter air dengan menggunakan teknologi Reverse Osmosis (RO) di Pondok Pesantren Kedunglo Miladiyyah menjadi solusi dalam mengatasi krisis air bersih. Dengan menerapkan sistem ini, air payau yang semula tidak layak konsumsi dapat diolah menjadi air bersih yang aman dan berkualitas. Proses RO menggunakan membran khusus untuk menyaring garam, bakteri, dan kontaminan lainnya dari air, meninggalkan air yang lebih murni dan sesuai dengan standar kesehatan. Pemasangan filter air RO juga mengurangi beban krisis air bersih yang berdampak pada kesehatan dan kesejahteraan masyarakat pesantren. Selain itu, solusi ini juga dapat menjadi contoh inspiratif bagi komunitas sekitarnya, menciptakan kesadaran akan pentingnya teknologi inovatif dalam menghadapi tantangan lingkungan yang dihadapi oleh banyak masyarakat di seluruh dunia.

Desain Filter Air

Setelah pemasangan sistem penjernih air, Tim Abmas ITS memberikan penyuluhan kepada penghuni pondok pesantren mengenai pentingnya air bersih dan cara penggunaan filter Reverse Osmosis. Penyuluhan dilakukan kepada staf atau individu yang bertanggung jawab dalam pemeliharaan dan perawatan filter agar alat penjernih air payau berfungsi optimal. Tim ITS juga memasang alat pemantauan kualitas air. Alat ini dipakai untuk memonitor kinerja alat penjernih air payau dan memastikan kinerjanya optimal. Hal ini dapat membantu dalam menentukan efektivitas sistem dan mendeteksi masalah potensial secara dini sekaligus digunakan untuk evaluasi jangka panjang.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat penjernihan air payau menjadi air bersih dengan menggunakan membran reserve osmosis di Pondok Pesantren Kedunglo Miladiyyah Kelurahan Bandar Lor Kecamatan Mojoroto Kota Kediri selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yaitu pengelolaan lingkungan dan kawasan.  Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB)/sustainable development goals (SDG’s) yaitu tujuan nomer (3) kehidupan sehat dan sejahtera, tujuan nomer (5) kesetaraan gender, tujuan nomer (6) air bersih dan sanitasi layak, tujuan nomer (10) berkurangnya kesenjangan, dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Har)

Alat penjernih air payau

Hasil Produk Pengabdian Masyarakat Penjernih Air Payau

 

 

 

 

 

Latest News

  • Abmas ITS Membantu Menyediakan Air Bersih Pondok Pesantren

    Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (abmas) di Pondok Pesantren Kedunglo Miladiyyah Kelurahan Bandar

    18 Sep 2024
  • ITS dan Bappeda Litbang Menyusun Kajian Neraca Mineral Bukan Logam

    Tuban – ITS. Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut

    24 Jul 2024