Library

EXPLORE YOUR KNOWLEDGE HERE
16 Juli 2024, 09:07

Taklukkan Grogi, Pustakawan ITS Asah Kemampuan Public Speaking di Conversa Language Academy

Oleh : itsperpustakaan | | Source : -

Surabaya, 15 Juli 2024 – Dalam era globalisasi, kemampuan berkomunikasi, khususnya public speaking dalam bahasa Inggris menjadi kian krusial. Menyadari hal tersebut, para pustakawan Perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) turut mengasah kemampuan mereka melalui pelatihan Public Speaking yang diselenggarakan oleh Conversa Language Academy. Bertempat di ruang Bibliotek Perpustakaan ITS Lantai 2. Pelatihan ini dikemas 8 kali pertemuan dengan format yang fresh dan interaktif, berhasil membangkitkan semangat para peserta yang mayoritas tidak muda lagi.

Fokus pelatihan ini tak hanya pada penguasaan materi, namun juga pada pembentukan rasa percaya diri dalam berbicara bahasa Inggris. Conversa Language Academy merancang sesi pelatihan dengan metode yang fun dan engaging, sehingga mampu menghilangkan rasa canggung dan meningkatkan antusiasme peserta.

“Metode pelatihannya sangat menarik dan jauh dari kesan kaku (familiar). Kami diajak untuk aktif berdiskusi dan praktik langsung, sehingga proses belajar terasa lebih menyenangkan,” ujar salah satu peserta.

Tak hanya teori, pelatihan ini juga melibatkan kegiatan outdoor learning yang inovatif. Kegiatan ini dirancang untuk memberikan pengalaman praktis dan nyata dalam situasi yang berbeda. Para pustakawan diajak untuk mengasah kemampuan public speaking mereka di studio Radio Merdeka FM dan di lingkungan Perpustakaan ITS. Di akhir sesi, Bapak Taufik Rachmanu, salah satu pustakawan senior, menyampaikan apresiasinya, “Pelatihan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan diri kami dalam berbahasa Inggris, terutama saat berhadapan dengan mahasiswa atau tamu asing.”

Senada dengan Bapak Taufik, Ibu Eva Mursidah juga menambahkan, “Metode learning by doing yang diterapkan Conversa Language Academy sangat efektif dan memotivasi kami untuk terus belajar dan mengembangkan diri.”

Melalui pelatihan ini, diharapkan para pustakawan Perpustakaan ITS semakin cakap dan percaya diri dalam berkomunikasi, khususnya dalam bahasa Inggris. Pustakawan ITS harus berani bicara Bahasa Inggris dengan tamu atau mahasiswa asing. Hal ini sejalan dengan visi Perpustakaan ITS untuk menjadi pusat informasi dan rujukan yang unggul dan berstandar internasional. (onemore)

Berita Terkait

Send Message
Hello,
You Need Help?