PIU HETI ADB ITS

Project Implementation Unit (PIU) Proyek Higher Education for Technology and Innovation (HETI) ADB ITS
10 Juli 2024, 06:07

Tingkatkan Pengelolaan Proyek, HETI ITS Lakukan Kunjungan ke LTIP ITB

Oleh : adminpiu | | Source : -

Sebagai salah satu strategi menjalankan proyek HETI PIU ITS melakukan kunjungan kepada Lembaga Pengembangan Ilmu dan Teknologi (LPIT) untuk berdiskusi tentang proyek dari pinjaman luar negeri dari Asian Development Bank (ADB) pada Jumat, 28 Juni 2024 di Institut Teknologi Bandung.

Kunjungan ini dilakukan oleh Manager HETI ITS, Bambang Piscesa, S.T., M.T., Ph.D. dan tim yang diterima oleh Prof. Dr.Ir. Surjamanto W., M.T selaku kepala LPIT ITB dan Surya Nugroho Wahyono, S.T., M.AB. selaku perwakilan PIU. LPIT merupakan unit yang  mengelola Proyek Promoting Research and Innovation through Modern and Efficient Science and Technology Parks (PRIMESTeP), yaitu proyek yang berfokus memperkuat ITB Innovation Park (IIP) sebagai ekosistem inovasi yang dapat menghasilkan riset inovasi untuk menjadi solusi industri dan memiliki skala internasional melalui pendanaan dari pinjaman luar negeri ADB.

Proyek PRIMESTeP ITB memiliki fokus yang dengan proyek HETI ITS yaitu menjadikan perguruan tinggi sebagai pusat universitas riset dan inovasi. STP ITB yang diberi nama ITB Innovation Park merupakan kawasan innovasi dan komersialisasi produk dengan berkolaborasi dan bekerjasama dengan industri, pemerintah, komunitas maupun dengan media masa. Program PRIMESTeP bertujuan untuk meningkatkan R&D dan inovasi fasilitas, meningkatkan sistem inovasi dan strategi kerjasama R&D pada STP, dan menguatkan kerjasama serta pemberian beasiswa.

Kunjungan ini diawali dengan pemaparan oleh Bapak Prof.Dr.Ir. Surjamanto W., M.T  tentang status operasional Sains Techno Park (STP) ITB saat ini, overview program PRIEMSTeP, dan output PRIMESTeP yang telah dicapai. Selanjutnya Bapak Bambang Piscesa, S.T., M.T., Ph.D. selaku manager HETI juga memaparkan output yang telah dicapai HETI sampai saat ini. Kemudian dilanjutkan diskusi terkait pelajaran yang diperoleh dari pengalaman masing-masing dalam melaksanakan implementasi proyek pengembangan STP, serta strategi untuk mencapai target.

Semangat kolaborasi dan sinergi yang terbangun dari kunjungan ini menjadi landasan yang kokoh bagi HETI ITS dan PRIMESTeP ITB  untuk  memperkuat sinergi dan kolaborasi dalam menjalankan proyek-proyek yang didanai ADB serta untuk terus berkarya dan menghasilkan inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

 

Redaktur: Admin PIU HETI

Berita Terkait