News

Training Go to Market Strategy (Sertifikasi BNSP Kewirausahaan Industri)

Sen, 19 Agu 2024
6:55 am
Dosen
Share :
Oleh : adminpiu   |

Ringkasan:

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk melengkapi peserta dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk sukses dalam membawa produk ke pasar, dengan penekanan pada validasi dunia nyata, strategi masuk pasar yang efektif, dan keterlibatan langsung dengan industri pada setiap tahap. Pelatihan ini dirancang untuk dilaksanakan selama 10 hari. Pelatihan ini bertujuan untuk membantu dosen dan staf ITS dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk sukses membawa produk ke pasar dengan melibatkan langsung mitra industri dan pelanggan dalam proses pelatihan. Program ini dilaksanakan oleh PT. Engineering Career Center sebagai provider utama, dan bekerja sama dengan KADIN INSTITUTE untuk sertifikasi BNSP.

Rancangan Pelatihan:

Untuk memberikan keterampilan dalam membangun dan mengimplementasikan strategi GTM kepada peserta, pelatihan akan dilakukan dalam fase berikut ini:

  1. Pre-training. Tiga hari sebelum pelatihan memasuki fase pertama, data-data hasil penelitian para peserta yang terkait dengan bidang industri yang difokuskan akan diberikan kepada para pakar, yang juga akan berlaku sebagai trainer dalampelatihan ini, dan juga kepada praktisi pada sektor industri spesifik yang difokuskan untuk dicermati. Pada hari pertama pelatihan, para narasumber tersebut akan dipertemukan dengan para peserta pelatihan secara daring untuk memberikan pandangan atas hasil penelitian yang telah dicermati berdasarkan kepakaran dan pengalaman yang mereka miliki. Pada sesi ini peserta juga berkesempatan untuk menggali permasalahan yang bisa muncul pada sektor industri spesifik yang difokuskan, dan mengamati karakter calon pelanggan pada sektor tersebut. Dalam proposal ini, sektor industri spesifik yang dipilih adalah:
    • Industri otomotif
    • Industri robotika
    • Industri maritim
    • Industri kreatif
  1. Fase pertama: Validating The Ideas. Fase pertama pelatihan pada dasarnya adalah memvalidasi gagasan solusi yang pernah muncul dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para peserta pelatihan berdasarkan kebutuhan dan permasalahan calon pelanggan. Pada fase ini, peserta juga akan mengkaji pada segmen pasaryang mana mereka cocok menetapkan target dan seberapa besar segmen pasaryang disasar oleh solusi yang ditawarkan. Hasil validasi kemudian dituangkan dalam sebuah pernyataan value proposition atas produk atau solusi yang akan ditawarkan ke pasar pelanggan. Fase pelatihan ini akan dijalankan secara tatap muka selamadua hari penuh.
  2. Fase kedua: Go-to-Market Strategy. Tahapan ini dimulai dengan tugas mandiri kepada peserta untuk memvalidasi ulang gagasan produk dan value proposition yang telah dibuat dari tahap sebelumnya. Pada tahapan ini juga peserta akan didampingi dalam membangun strategi penetrasi pasar berdasarkan kebutuhan pasar dan value proposition produk/solusi yang telah divalidasi sebelumnya, termasuk dalam penentuan channel dan strategi distribusi, mengkaji bauran pemasaran, penetapan digital marketing, dan penentuan strategi direct selling. Peserta akan didampingi secara intensif oleh pakar GTM dan mentor yang berpengalaman dalam hal marketing dan penjualan secara tatap muka selama dua hari penuh.
  3. Fase ketiga: Execution & Reflection. Poin utama dalam fase ini adalah melakukan launching atas potensi bisnis yang mungkin muncul dari produk/solusi yang dibuat kepada pelanggan pada pasar yang disasar. Peserta akan didampingi dalam menyusun pitch-deck untuk presentasi bisnis, menyiapkan prototype, serta bagaimana mengevaluasi launching berdasarkan feedback yang muncul dari calon pelanggan. Fase ini akan dijalankan selama tiga hari, yang terdiri dari dua hari pendampingan tatap muka dan satu hari tugas mandiri.
  4. Sertifikasi BNSP. Pelatihan diakhiri dengan persiapan untuk sertifikasi BNSP Bidang Kewirausahaan Industri pada unit kompetensi berikut:
    • M.741000.010.01 Melakukan rekrutmen tenaga kerja
    • M.741000.011.01 Menyusun struktur organisasi
    • M.741000.012.01 Membuat uraian pekerjaan setiap personal
    • M.741000.013.01 Membuat prosedur kerja untuk setiap tugas
    • M.741000.015.01 Melakukan pengawasan kinerja tenaga kerja
    • M.741000.016.01 Menyusun rencana produksi
    • M.741000.017.01 Menyusun rencana kerja di ruang produksi
    • M.741000.022.01 Melakukan pengawasan jalannya proses produksi
    • M.741000.026.01 Menjalin hubungan dengan pelanggan

Bisa mendaftaran training tersebut pada link:

https://its.id/GoToMarketStrategy

Pendaftaran dibuka hingga Senin, 19 Agustus 2024

Latest News