News

Zona Kuliner Halal Aman dan Sehat (KHAS) ITS meraih penghargaan Nasional

Kam, 24 Nov 2022
5:43 am
Berita
Share :
Oleh : adminpkh   |

Jakarta, 23 Nopember 2022,

Sertifikasi halal yang semula voluntary (sukarela), kini telah berubah menjadi mandatory (wajib). Pemberlakuan sertifikasi halal tersebut dilakukan secara bertahap yang dimulai dari produk makanan dan minuman pada tanggal 17 Oktober 2019 dan non pangan dimulai pada tanggal 17 Oktober 2021. Dalam rangka meningkatkan literasi akan pentingnya makanan Aman, Sehat, dan Halal baik bagi pelaku UMKM Industri Kuliner, Pengelola Kuliner maupun Konsumen, maka perlu dikembangakan sebuah Zona yang akan menyediakan kuliner Aman, Sehat dan Halal atau yang disebut Zona Kuliner Halal, Aman dan Sehat (selanjutnya akan disebut Zona KHAS).

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) memberikan penghargaan kepada Kantin Pusat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menjadi terbaik pertama kategori institusi pendidikan perguruan tinggi sebagai Sentra Pangan Jajanan/Kantin yang Memenuhi Syarat Higiene Sanitasi 2022 untuk penghargaan zona kuliner halal, aman, dan sehat (KHAS) tingkat nasional pada 23 Nopember 2022.

Diharapakan Zona KHAS nantinya akan menjadi kawasan kuliner yang memenuhi kaidah kesehatan dan standar kehalalan yang mana akan meningkatkan mutu UMKM Industri Kuliner di Indonesia. Direktur Kerja Sama dan Pengelolaan Usaha (DKPU) ITS Tri Joko Wahyu Adi mengatakan, syarat dalam program zona KHAS adalah lokasi kuliner harus memenuhi standar higiene sanitasi. Artinya, lokasi kuliner terjamin kebersihannya dari berbagai kontaminasi. Hal ini sesuai dengan UU no 18 Tahun 2022 bahwa definisi Keamanan Pangan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari 2 faktor, yaitu: (1) kemungkinan tiga cemaran, yaitu cemaran biologis, kimia, dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia serta (2) tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat sehingga aman untuk dikonsumsi. Pusat Kajian Halal ITS turut berkontribusi aktif dalam peningkatan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Provinsi Jawa Timur melalui kegiatan pendampingan pelaku usaha (https://www.its.ac.id/pkh/id/pendampingan-pelaku-usaha/).

Latest News

  • ITS Kerjasama Lintas Sektoral Mendukung Program Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) Aman

    – Institut Teknologi Sepuluh Nopember bekerjasama dengan lintas sektor diantaranya Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Puskesmas,

    25 Jun 2024
  • Penyelia Halal Bagi Pelaku Usaha Skema Self Declare

    – Keberadaan mekanisme sertifikasi halal Self Declare bagi produk usaha mikro kecil (UMK) sama sekali

    24 Jun 2024
  • Edu Wisata Zona Kuliner Halal Aman dan Sehat (KHAS) ITS

    – Keberadaan zona kuliner halal, aman dan sehat (KHAS) merupakan salah satu hal menunjang perkembangan

    03 Jun 2024