News

Sosialisasi Perizinan dan Pemasaran Produk Kelautan dan Perikanan

Rab, 12 Okt 2022
6:36 am
Berita
Share :
Oleh : adminpkh   |

Surabaya, 12 Oktober 2022,
Dalam  rangka  meningkatkan  pengetahuan  Perizinan  Usaha Pengolahan dan Pemasaran Produk Kelautan dan Perikanan,  bersama ini  disampaikan  bahwa  Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi  Jawa Timur melalui Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Blitar telah melaksanakan kegiatan “Sosialisasi Perizinan Surat lzin Usaha Perikanan (SIUP) Pengolahan dan Pemasaran Produk Kelautan dan Perikanan  (P3KP)”,  dengan menghadirkan narasumber dari Pusat Kajian Halal (PKH) ITS, Badan POM Jatim dan dinas Kelautan dan Perikanan provinsi Jatim. Kegiatan diselenggarakan oleh Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) 1 Madiun yang terdiri dari kota madiun, kab Madiun, kab Ponorogo, dan kab Magetan, di Jl. Pahlawan no 3 Madiun.

Sertifikasi halal yang semula voluntary (sukarela), kini telah berubah menjadi mandatory (wajib). Pemberlakuan sertifikasi halal tersebut dilakukan secara bertahap yang dimulai dari produk makanan dan minuman pada tanggal 17 Oktober 2019 dan non pangan dimulai pada tanggal 17 Oktober 2021. Masalah yang sering muncul adalah masalah yang muncul oleh pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terhadap permasalahan perijinan yang membuat bingung dan rancu di beberapa bagian.

Dr Nashori dari PKH ITS menjelaskan bahwa dengan pertemuan ini diharapkan dapat memberi refrensi kepada umkm untuk tidak takut dan semakin aware terhadap perijinan produk-produknya. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi umkm tentang mekanisme dan prosedur untuk sertifikasi halal dan ijin edar berbasis resiko, dengan cara online dan cara self assesment  sebelum melakukan  pendaftaran.

Pelatihan Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) 1 Madiun.

Latest News

  • ITS Kerjasama Lintas Sektoral Mendukung Program Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) Aman

    – Institut Teknologi Sepuluh Nopember bekerjasama dengan lintas sektor diantaranya Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Puskesmas,

    25 Jun 2024
  • Penyelia Halal Bagi Pelaku Usaha Skema Self Declare

    – Keberadaan mekanisme sertifikasi halal Self Declare bagi produk usaha mikro kecil (UMK) sama sekali

    24 Jun 2024
  • Edu Wisata Zona Kuliner Halal Aman dan Sehat (KHAS) ITS

    – Keberadaan zona kuliner halal, aman dan sehat (KHAS) merupakan salah satu hal menunjang perkembangan

    03 Jun 2024