News

Pusat Kajian Halal ITS Berkontribusi Aktif dalam Peningkatan Daya Saing Pelaku Usaha Jawa Timur

Jum, 28 Okt 2022
7:24 am
Berita
Share :
Oleh : adminpkh   |

Surabaya, 27 Oktober 2022,
Dalam rangka merayakan bulan inklusi keuangan 2022, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 4 Jawa Timur bersama Forum Komunikasi Lembaga Jasa Keuangan (FKLJKD) Jawa Timur dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur  menyelenggarakan Jatim Inclusion Festival (JI Fest) di Grand Atrium Pakuwon Mall Surabaya. Kegiatan tersebut diselenggarakan selama empat hari, mulai 27 hingga 30 Oktober 2022, terdiri atas bazar UMKM (usaha mikro kecil menengah), pameran, hingga lomba-lomba, yang bertepatan dengan dua peristiwa besar yaitu Hari Santri dan Hari Sumpah Pemuda. Melalui acara itu, dia berharap literasi masyarakat juga turut meningkat. Di antaranya dengan melakukan sosialisasi dan edukasi.

Sertifikasi halal yang semula voluntary (sukarela), kini telah berubah menjadi mandatory (wajib). Pemberlakuan sertifikasi halal tersebut dilakukan secara bertahap yang dimulai dari produk makanan dan minuman pada tanggal 17 Oktober 2019 dan non pangan dimulai pada tanggal 17 Oktober 2021.

Pusat Kajian Halal ITS turut berkontribusi aktif dalam peningkatan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Provinsi Jawa Timur. Komitmen Bersama Sertifikasi Halal di Jawa Timur ini ditandatangani oleh perwakilan lembaga dari Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Provinsi Jawa Timur, Satgas Halal Kantor Wilayah Kemeterian Agama Provinsi Jawa Timur, Pusat Halal UNAIR, Pusat Kajian Halal ITS, Lembaga Solusi Halal PW ISNU Jawa Timur, PT. BPD Jawa Timur, Tbk, BT. Bank Syariah Indonesia, Tbk Wilayah Jawa Timur, PT. BPR Jawa Timur, dan PT. BPRS Bhakti Sumekar.

Latest News

  • ITS Kerjasama Lintas Sektoral Mendukung Program Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) Aman

    – Institut Teknologi Sepuluh Nopember bekerjasama dengan lintas sektor diantaranya Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Puskesmas,

    25 Jun 2024
  • Penyelia Halal Bagi Pelaku Usaha Skema Self Declare

    – Keberadaan mekanisme sertifikasi halal Self Declare bagi produk usaha mikro kecil (UMK) sama sekali

    24 Jun 2024
  • Edu Wisata Zona Kuliner Halal Aman dan Sehat (KHAS) ITS

    – Keberadaan zona kuliner halal, aman dan sehat (KHAS) merupakan salah satu hal menunjang perkembangan

    03 Jun 2024