News

Edu Wisata Zona Kuliner Halal Aman dan Sehat (KHAS) ITS

Sen, 03 Jun 2024
6:41 pm
Berita
Share :
Oleh : adminpkh   |

[Surabaya, 3 Juni 2024] – Keberadaan zona kuliner halal, aman dan sehat (KHAS) merupakan salah satu hal menunjang perkembangan perekonomian. Pengurus wilayah majelis taklim Perempuan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Propinsi (IPHI) Jawa Timur berkunjung ke Edu Wisata Zona Kuliner Halal Aman dan Sehat (KHAS) ITS pada Senin, 3 Juni 2024. “Kunjungan studi tiru ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk makanan dari segi keamanan, kesehatan dan kehalalan”, jelas Hj Dewi Masyitoh Machmoed Zain SE selaku Ketua delegasi.

Direktur Direktorat Kerjasama dan Pengelolaan Usaha (DKPU) ITS, Dr Tri Joko Wahyu Adi Ph.D mengatakan Dalam sambutannya, dengan adanya zona KHAS ITS yang telah diresmikan oleh Bapak Wakil Presiden, KH Makruf Amin pada 30 Agustus 2023, dapat memberikan pelayanan yang mampu menjamin makanan dan minuman yang dikonsumsi memenuhi kehalalan, kesehatan dan kenyamanan bagi pengunjung. Mengkonsumsi makanan yang Halal, Aman dan Sehat merupakan hak konsumen, tanpa memandang suku, ras, agama maupun ekonomi. Zona kuliner halal, aman dan sehat ini tidak hanya sebagai tempat makan saja, tetapi juga menjadi destinasi wisata.

Dalam upaya peran strategis sektor pariwisata dalam pembangunan nasional terdapat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 yang menetapkan enam fokus program pembangunan ekonomi lima tahun kedepan, salah satunya pariwisata. Analisis potensi pembangunan wisata halal dilakukan terhadap pilar pembangunan pariwisata, berdasarkan Undang-Undang No. 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan, pembangunan kepariwisataan meliputi destinasi pariwisata, pemasaran, serta industri dan kelembagaan kepariwisataan dan pengembangan wisata halal tertuang pada Peraturan Menteri Pariwisata No. KM. 191/OT.001/MP/2018.

Kepala Pusat Kajian Halal ITS, Prof. Setyo Gunawan juga menambahkan bahwa selain mendapatkan kuliner halal aman dan sehat, maka para peserta edu wisata akan mendapatkan materi literasi halal dan pendampingan pengurusan sertifikat halal yang akan dipadukan dengan Program pengabdian Masyarakat berbasis produk ITS.

 

 

Latest News

  • ITS Kerjasama Lintas Sektoral Mendukung Program Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) Aman

    – Institut Teknologi Sepuluh Nopember bekerjasama dengan lintas sektor diantaranya Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Puskesmas,

    25 Jun 2024
  • Penyelia Halal Bagi Pelaku Usaha Skema Self Declare

    – Keberadaan mekanisme sertifikasi halal Self Declare bagi produk usaha mikro kecil (UMK) sama sekali

    24 Jun 2024
  • Edu Wisata Zona Kuliner Halal Aman dan Sehat (KHAS) ITS

    – Keberadaan zona kuliner halal, aman dan sehat (KHAS) merupakan salah satu hal menunjang perkembangan

    03 Jun 2024