News

ITS Kerjasama Lintas Sektoral Mendukung Program Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) Aman

Sel, 25 Jun 2024
3:28 am
Berita
Share :
Oleh : adminpkh   |

[Surabaya, 21 Juni 2024] – Institut Teknologi Sepuluh Nopember bekerjasama dengan lintas sektor diantaranya Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Puskesmas, Kominfo, Pihak desa dan Forkopinda setempat berkomitmen untuk mendukung keberlangsungan program Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) aman di Sekolah. Tim pembinaan dari Dinas Kesehatan bidang kesehatan masyarakat M. Muchlas mengatakan, melalui kegiatan Lomba Sekolah dengan PJAS Aman ini diharapkan dapat meningkatkan semangat sekolah untuk menerapkan keamanan pangan di sekolah dan melakukan replikasi kegiatan PJAS secara keberlanjutana di sekolah lainnya.

SDN MOJO VI/225 Surabaya mendapat penghargaan sebagai sekolah dengan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) aman tahun 2024 sebagai juara 1 Tingkat Nasional Regional Barat pada hari Jumat, 21 Juni 2024 di Aula Merah Putih badan BPOM Jakarta. Ibu Eka Agustina, S.Pd.,M.Si menerima piala dan piagam penghargaan dengan rasa bangga dan terharu. “Selamat atas pejuang yang telah dilakukan sehingga mendapatkan hasil Terbaik, “ tambah Agustina sekali lagi.

Keamanan Pangan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran berbahaya (biologis, kimia, dan benda lain) dan tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat sehingga aman untuk dikonsumsi (UU 18 tahun 2012). “Masyarakat Indonesia menyebutkannya dengan istilah Halal dan Thoyyib,” Ujar Setiyo Gunawan selaku Kepala Pusat Kajian Halal (PKH) ITS menambahkan.

Ketua Tim PKH ITS Orchidea Rachmaniah juga mengungkapkan bahwa pemberian pendampingan sertifikasi halal merupakan bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat yang diberikan mulai dari kegiatan visit lokasi, sosialisasi, dan edukasi produk halal. Sosialisasi dan edukasi diberikan melalui pelatihan penyelia halal oleh Lembaga Pelatihan Jaminan Produk Halal (LPJPH) ITS yang telah terakreditasi Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Latest News

  • ITS Kerjasama Lintas Sektoral Mendukung Program Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) Aman

    – Institut Teknologi Sepuluh Nopember bekerjasama dengan lintas sektor diantaranya Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Puskesmas,

    25 Jun 2024
  • Penyelia Halal Bagi Pelaku Usaha Skema Self Declare

    – Keberadaan mekanisme sertifikasi halal Self Declare bagi produk usaha mikro kecil (UMK) sama sekali

    24 Jun 2024
  • Edu Wisata Zona Kuliner Halal Aman dan Sehat (KHAS) ITS

    – Keberadaan zona kuliner halal, aman dan sehat (KHAS) merupakan salah satu hal menunjang perkembangan

    03 Jun 2024