News

Kontribusi ITS Dalam Pengembangan Ekosistem Halal di Indonesia

Sab, 06 Jul 2024
2:46 pm
Berita
Share :
Oleh : adminpkh   |


[Surabaya, 6 Juli 2024] – Dalam langkah penting untuk mendukung capaian Jaminan Produk Halal (JPH), sebuah forum kolaboratif telah dilaksanakan oleh BPJPH dan Perguruan Tinggi Indonesia. Rapat koordinasi ini dihadiri oleh 28 perwakilan Perguruan Tinggi yang bertujuan untuk mendorong pembangunan ekosistem halal di Indonesia, tidak hanya memprioritaskan pada jaminan sertifikasi halal semata. Namun, juga menguatkan pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan ekonomi pada ekosistem industri halal, demi kehidupan yang lebih baik.
“Ekosistem Halal yang kuat harus dibangun oleh seluruh lini kehidupan masyarakat, dan melibatkan semua pihak, baik pemerintah, swasta, korporasi, maupun Pendidikan dari Tingkat Taman Kanak Kanak (TK) sampai Perguruan Tinggi, “ terang Dzikro, Kepala Pusat Pembinaan dan Pengawasan Jaminan Produk Halal, saat membuka rapat koordinasi pada tanggal 4-6 Juli 2024, di Hotel Aston, Jakarta.
Lebih lanjut, Khotibul Umam, ketua panitia kegiatan menegaskan bahwa berdasarkan PP 39 Tahun 2021, tentang Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal, bahwa penerapan kewajiban sertifikasi Halal Oktober 2024, untuk Produk makanan, minuman, jasa sembelihan dan hasil sembelihan, dan selanjutnya untuk produk-produk lainnya sesuai dengan pentahapan wajib sertifikasi halal, dibutuhkan SDM yang mengerti jaminan produk halal, harus disiapkan dari Perguruan Tinggi.
Salah satu narasumber, Setiyo Gunawan, Kepala Pusat Kajian Halal (PKH) ITS, juga memaparkan terkait kontribusi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dalam pengembangan ekosistem halal di Indonesia melalui tri dharma perguruan tinggi, seperti mendirikan Pusat Kajian Halal (PKH), Laboratorium Uji Halal, Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H), Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) JPH, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) JPH, Jurnal Halal Riset, Zona Kuliner Halal Aman Sehat dan Aman (KHAS), serta pendampingan kepada pelaku usaha mikro kecil.
“Selain itu, proses pendampingan juga melibatkan mahasiswa KKN tematik terkait ekosistem halal,” tambah Gunawan, yang juga sebagai Direktur Industri Produk Halal, KDEKS Jawa Timur.

Latest News

  • Kontribusi ITS Dalam Pengembangan Ekosistem Halal di Indonesia

    – Dalam langkah penting untuk mendukung capaian Jaminan Produk Halal (JPH), sebuah forum kolaboratif telah

    06 Jul 2024
  • ITS Kerjasama Lintas Sektoral Mendukung Program Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) Aman

    – Institut Teknologi Sepuluh Nopember bekerjasama dengan lintas sektor diantaranya Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Puskesmas,

    25 Jun 2024
  • Penyelia Halal Bagi Pelaku Usaha Skema Self Declare

    – Keberadaan mekanisme sertifikasi halal Self Declare bagi produk usaha mikro kecil (UMK) sama sekali

    24 Jun 2024