Sambutan Kepala Program Studi

dr. Sonny Fadli, Sp.OG., M.Ked.Klin

Assalamualaikum Wr. Wb. Salam sejahtera bagi kita semua.

Program studi pendidikan profesi dokter merupakan rangkaian program lanjutan dari mahasiswa kedokteran yang sebelumnya sudah lulus dan dilantik sebagai sarjana kedokteran atau mereka akan memasuki fase sebagai dokter muda. Pada tingkatan ini, dokter muda akan menjalani kepaniteraan klinik selama empat semester, dimana mereka akan bertugas layaknya dokter di Rumah Sakit Pendidikan Utama, wahana pendidikan lain seperti Rumah Sakit Satelit, Rumah Sakit Afiliasi, Puskesmas, klinik dan wahana pendidikan lainnya.

FKK ITS sudah bekerjasama dengan salah satu rumah sakit tipe B yakni RSUD Wahidin Sudirohusodo Mojokerto sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama. Terdapat wahana pendidikan lain seperti klinik IDAF yang berlokasi di Surabaya Barat. Selain itu, terdapat wahana pendidikan lain seperti Puskesmas Keputih, Puskesmas Klampis Ngasem, Puskesmas Mulyorejo, Puskesmas Menur, dan Puskesmas lain di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Surabaya.

Program studi pendidikan profesi dokter FKK ITS bersama Komite Koordinasi Pendidikan Utama (Komkordik) RSUD Wahidin Sudirohusodo,memiliki komitmen yang kuat, dan akan terus bekerjasama untuk memastikan sarana prasarana, SDM dosen yang mumpuni, rasio dosen dan mahsiswa yang proporsional, variasi dan kecukupan kasus, panduan akademik, modul, dan segala hal yang menunjang proses pendidikan dokter muda untuk kemudian dilengkapi sehingga proses pendidikan berjalan dengan baik.

Yang kami harapkan adalah dokter muda bisa menempah diri selama pendidikan profesi berlangsung agar tercapai lulusan dokter yang senada dengan visi yang sudah ditentukan, yang mempunyai dua azimat penting yakni penguasaan kedokteran pencegahan dan kedokteran 4.0. Dokter lulusan ITS diharapkan mampu untuk keluar dari zona nyaman, mau mengabdi di daerah Indonesia yang memerlukan dokter untuk membangun kesehatan dan kehidupan mayarakat lebih baik sebagaimana jejak baik yang sudah diukir dalam sejarah oleh pendiri ITS yang juga seorang dokter yakni dr. Angka Nitisastro.

Vivat ITS. Hidup ITS. Hidup ITS. Hidup ITS.