News

Pengabdian Masyarakat ITS Dorong Branding Kopi Desa Pesanggrahan untuk Kesejahteraan Petani

Sen, 31 Jul 2023
6:12 pm
ABMAS
Share :
Oleh : adminsdg   |

Acara pembukaan KKN Abmas di Desa Pesanggrahan, Kota Batu, Jawa Timur

Batu, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengawali salah satu kegiatan Pengabdian Masyarakat (Abmas) dengan tema Pemberdayaan Masyarakat Desa untuk Branding Komoditas dan Hasil Olahan Kopi Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Kegiatan pembukaan Abmas ini dilaksanakan di Balai Desa Pesanggrahan pada Senin (31/07).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan potensi branding kopi lokal dan memperkuat nilai-nilai serta kualitas produk kopi di daerah tersebut. Dalam upaya memanfaatkan peluang meningkatnya minat konsumen terhadap kopi sebagai gaya hidup dan identitas budaya, Abmas ITS ini berkomitmen untuk melakukan branding dan marketing yang tepat guna meningkatkan citra dan nilai-nilai produk kopi lokal di setiap daerah di Indonesia.

Dr. Melania Suweni Muntini M.T., Ketua Pusat Kajian SDGs ITS, menyatakan, “Kami sangat berterima kasih kepada pihak Desa Pesanggrahan yang telah menyambut dan memberikan izin bagi pelaksanaan kegiatan KKN di desa ini.”

Melania berharap mahasiswa KKN dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi masyarakat Desa Pesanggrahan, terutama dalam mengenalkan potensi branding kopi yang menonjolkan citarasa khas yang dimiliki daerah ini.

“Kami percaya, dengan kerjasama yang baik, pengembangan kopi lokal dapat menjadi pendorong kesejahteraan petani di wilayah ini,” Lanjutnya.

Salah satu program kerja Abmas di bawah bimbingan Lucky Putri Rahayu S.Si, M.Si. ini adalah digitalisasi produk, di mana mahasiswa akan mengembangkan aplikasi berbasis web dan android untuk memperkenalkan produk kopi Pesanggrahan secara lebih luas.

“Dengan demikian, kami berharap kopi Pesanggrahan dapat menarik minat lebih banyak konsumen dan meningkatkan potensi ekonomi lokal,” tutur Lucky.

Imam Wahyudi S.Pd., Kepala Desa Pesanggrahan, menyambut antusias kegiatan KKN tersebut dan menyatakan, “Kami sangat senang dengan adanya pengabdian masyarakat di Desa Pesanggrahan, terutama dalam upaya meningkatkan branding kopi.”

Imam Wahyudi juga berharap agar kehadiran mahasiswa-mahasiswa ITS dapat membantu petani kopi kami dalam memajukan produk kopi Pesanggrahan dan menjadikannya dikenal lebih luas di pasar lokal maupun global. Ia yakin, dengan kerja keras dan semangat kolaborasi dapat mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan kesejahteraan petani kopi di Desa Pesanggrahan.

Setelah ini, akan dilakukan pelatihan mengenai digital marketing dan digitalisasi produk, yang diharapkan dapat membantu meningkatkan branding produk kopi di Desa Pesanggrahan. Selain itu, akan ada pelatihan bahasa Inggris dan kemampuan organisasi yang ditujukan kepada pemuda-pemudi atau karang taruna di Desa Pesanggrahan.

Tim KKN juga akan membantu menyusun dan menyukseskan acara perayaan 17 Agustus tahun 2023 di Desa Pesanggrahan, serta berpartisipasi dalam kegiatan desa seperti kerja bakti dan lainnya.

Dengan semangat kolaborasi dan kerja keras, tim KKN ITS berharap dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Desa Pesanggrahan melalui pengembangan branding kopi dan peningkatan kesejahteraan petani setempat. (id)

 

Latest News

  • Tim Abmas ITS Bangun PLTS Guna Kembangkan Eduwisata Desa

    Yogyakarta, ITS News – Budidaya ikan merupakan aspek yang potensial untuk dikembangkan guna mendukung eduwisata di Desa Sumbersari, Kabupaten Sleman. Menyokong

    05 Sep 2023
  • Pengabdian Masyarakat ITS Dorong Branding Kopi Desa Pesanggrahan untuk Kesejahteraan Petani

    Batu, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengawali salah satu kegiatan Pengabdian Masyarakat (Abmas) dengan tema Pemberdayaan

    31 Jul 2023
  • Abmas ITS Kenalkan Sistem Evaluasi Elektronik untuk Guru SD

    Kampus ITS, ITS News — Upayakan pengurangan kertas guna mencapai tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) 2030, tim Pengabdian kepada Masyarakat

    06 Jul 2023