News

Peran Aktif SDGs Center ITS dalam Kolaborasi JICA dan Bappenas

Rab, 29 Mei 2024
7:31 am
Uncategorized

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : adminsdg   |

JAKARTA, 29 Mei 2024 – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas) bekerjasama dengan JICA SDGs Project menggelar Forum Komunikasi (Forkom) SDGs Center di Artotel Thamrin, Jakarta. Acara yang berlangsung pada 29-30 Mei 2024 ini bertujuan mempercepat pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia melalui penguatan kolaborasi dan inovasi.

Forum yang mengangkat tema “Peran Strategis SDGs Center dalam Percepatan Pencapaian SDGs” ini merupakan upaya pertama untuk menyatukan 51 SDGs center dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia, termasuk SDGs Center Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Sebelum acara Forkom ini, JICA telah mengadakan pertemuan dengan SDGs Center ITS pada 23 April 2024. Diskusi yang melibatkan Djonet Santoso dari JICA SDGs Indonesia ini membahas beberapa poin penting, termasuk kendala pemahaman dan pengumpulan data terkait SDGs di berbagai daerah. Diskusi ini juga menyoroti pentingnya kolaborasi antara SDGs center untuk mengoptimalkan pencapaian target SDGs di Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, disepakati bahwa peran SDGs center sangat krusial dalam mendukung capaian SDGs Indonesia. JICA dan Kementerian PPN/Bappenas berkomitmen untuk memfasilitasi kolaborasi antar SDGs center dan memastikan keterlibatan mereka dalam Rencana Aksi Daerah (RAD) dan evaluasi SDGs.

Pertemuan JICA SDGs Indonesia dan SDGs Center ITS di Gedung Research Center ITS

Dr. Dra. Melania Suweni Muntini, M.T., kepala pusat kajian SDGs ITS, menyambut baik inisiatif ini. Ia mengapresiasi upaya JICA dan Kementerian PPN/Bappenas dalam mempertemukan berbagai SDGs center untuk bertukar informasi dan strategi. “Forum ini sangat bermanfaat untuk menjalin kemitraan yang lebih kuat dan mendorong inovasi dalam bidang lingkungan, sosial, dan ekonomi,” ujarnya.

Hisaaki Mitsui, Team Leader JICA SDGs Project, menyatakan harapannya agar kolaborasi ini dapat meningkatkan pencapaian SDGs di Indonesia. “Tiga aspek yang menjadi fokus kami adalah lingkungan, sosial, dan ekonomi,” kata Mitsui dalam pidatonya. Ia juga menekankan pentingnya kolaborasi yang erat antara SDGs center untuk menciptakan jaringan yang kuat dan efektif.

Dr. Dra. Melania Suweni Muntini, M.T. (ketiga dari kiri) dengan perwakilan SDGs Center perguruan tinggi di Indonesia

Acara yang dihadiri oleh perwakilan dari seluruh wilayah Indonesia ini menekankan pentingnya kemitraan dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) ke-17, yaitu kemitraan untuk mencapai tujuan. Djonet Santoso dalam acara jamuan makan malam menyampaikan apresiasinya atas kehadiran semua peserta, menunjukkan komitmen tinggi dari setiap SDGs center dalam mendukung pencapaian SDGs.

SDGs Center ITS, sebagai salah satu partisipan aktif, diharapkan dapat terus berkontribusi dalam upaya kolaboratif ini. Dengan adanya forum seperti Forkom SDGs Center, diharapkan hambatan-hambatan yang ada dapat diatasi dan inovasi-inovasi baru dapat diimplementasikan untuk mencapai target SDGs pada tahun 2030.

Seluruh peserta forum berfoto bersama

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.