1 |
Formulir Rencana Studi (FRS) MPI |
Mahasiswa FRS mata kuliah MPI |
- IPK Minimal 3.7
- Transkrip nilai -> Tidak ada Nilai C
- Sudah melaksanakan KP. Informasi KP -> disini
- SKS tempuh minimal 99 SKS
- Sudah lulus MK METPEN (Kualitatif & Kuantitatif)
- Surat izin penelitian dari Departemen & Mitra
|
Pekan FRS dibuka |
2 |
Introduction (Penulisan, metode, & teknik penulisan) |
Kegiatan mahasiswa:
- Teknik penulisan Tugas Akhir
- Penentuan metode (Kualitatif & Kuantitatif, bukan mixed method)
- Output -> Kerangka Penelitian
|
- Template kerangka Penelitian, disini
- Panduan Skripsi/Tugas Akhir, disini
- Template Skripsi/Tugas Akhir, disini
- SOP Perizinan penelitian, disini
|
Pekan 1-2 |
3 |
Pengumpulan Kerangka Penelitian |
- Pemaparan prosedur proposal & tugas akhir
- Pemaparan feedback dapat diakses pada link
|
- Link pengumpulan kerangka Penelitian, disini
|
Pekan 2 |
4 |
Penentuan Dosen Pembimbing |
PIC Skripsi:
- Menentukan dosen pembimbing sesuai kerangka penelitian yang telah di submit
Mahasiswa:
- Pengajuan perubahan FRS kelas (sesuai dengan 4 MRK)
|
- PIC hanya menentukan dosen pembimbing dari mahasiswa yang telah submit Kerangka Penelitian
- Link list Pembimbing
|
Pekan 3 |
5 |
Pendaftaran myITS Thesis |
Mahasiswa mengajuan proposal di myITS Thesis |
Yang perlu diinputkan pada myITS Thesis:
- Judul
- Rencana Penelitian
- Kata Kunci
- Dosen Pembimbing yang telah di Plot pada step 4
|
Pekan 3 |
6 |
Proses Bimbingan |
Mahasiswa asistensi dengan dosen pembimbing |
- Bimbingan minimal 8x, logbook bimbingan dapat diajukan di myITS Thesis
|
Pekan 4-11 |
7 |
Pendaftaran SEMPRO & Pengumpulan Naskah |
Mahasiswa mendaftar Seminar Proposal di MyITS Thesis |
- Mahasiswa harus sudah:
- Lulus Kerja Praktik Terintegrasi
- Menempuh SKS dengan jumlah minimal 99 SKS
- Lulus Mata Kuliah Metode Penelitian (Kualitatif dan Kuantitatif)
- Pernah menjadi audiens dalam seminar atau sidang Kerja Praktik (KP) minimal 1 kali
- Upload persyaratan adminstrasi di myITS Thesis
- Naskah Tugas Akhir
- Hasil Ithenticate maksimal 24%. Cek Ithenticate
- Surat Permohonan Izin Pra-Penelitian dari Departemen, disini
- Surat Izin Penelitian dari Mitra
- Transkrip Nilai
- Bukti sudah Lulus Kerja Praktik
- Mengumpulkan dokumen-dokumen cetak
- Naskah Proposal Tugas Akhir
- Loogbook Bimbingan (screenshot dari myITS Thesis)
- Hasil Cek Plagiarisme I-thenticate 1 halaman (maksimal 24%)
- Surat Permohonan Izin Pra-Penelitian dari Departemen & dari Mitra (Jika bermitra)
- Kelima dokumen tersebut dijilid jadi 1 (satu) (jilid mika bening) sebanyak 2 (dua) untuk yang dosen pembimbingnya hanya 1 (satu), atau 3 (tiga) eksemplar apabila dosen pembimbing berjumlah 2 (dua).
- Seminar Proposal bersifat terbuka, diwajibkan minimal 1 audiens
|
Pekan 11 |
8 |
Penentuan Jadwal Seminar Proposal (SEMPRO) |
- PIC Skripsi menjadwalkan & memploting Penguji Seminar Proposal
- Mahasiswa mendapatkan jadwal
|
- PIC hanya menjadwalkan mahasiswa yang telah mendaftar SEMPRO & lolos administrasi
|
Pekan 12 |
9 |
Pelaksanaan Seminar Proposal (SEMPRO) |
- Mahasiswa datang tepat waktu & berpakaian rapi
- Mahasiswa mempresentasikan hasil Proposal Tugas Akhir
- Mahasiswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Penguji
- Mahasiswa mencatat semua masukan dari dosen penguji
|
- Proposal sudah fix & direvisi sesuai masukan dari dosen pembimbing
- Slide presentasi (PPT) siap → Biasanya 10-15 slide
|
Pekan 13-14 |
10 |
Pengumpulan Naskah Revisi setelah SEMPRO |
- Mahasiswa mengumpulkan naskah yang telah direvisi sesuai saran dari penguji.
- Minta persetujuan pembimbing setelah revisi selesai
- Kumpulkan proposal revisi
- Siap lanjut ke penelitian setelah proposal disetujui
|
- Mengumpulkan naskah hasil revisi Seminar Proposal di myITS Thesis
|
Pekan 15-16 |
11 |
Pelaksanaan dan Pelaporan Penulisan Tugas Akhir |
- Kumpulkan data sesuai metodologi (wawancara, eksperimen, observasi, atau studi pustaka)
- Catat & dokumentasikan setiap langkah penelitian → Biar nggak lupa dan bisa dipertanggungjawabkan
- Analisis data sesuai metode yang digunakan (statistik, coding kualitatif, atau pemodelan)
- Konsultasi rutin dengan dosen pembimbing → Jangan nunggu sampai akhir baru konsultasi!
|
- Telah lulus Seminar Proposal
|
Setelah revisi proposal |
12 |
Pendaftaran & Pengumpulan Naskah Sidang TA |
Mahasiswa mendaftarkan Sidang Proposal TA di MyITS Thesis & mengumpulkan naskah hardcopy untuk diujikan |
- Syarat lulus 7 Semester:
- Minimal IPK 3.7
- Lulus MK MPI
- SKS tempuh 120 SKS
- Transkrip nilai (telah menyelesaikan/lulus MK Wajib)
- Sertifikat Lulus SKEM (100)
- Sertifikat Lulus TOEFL (477)
- Bukti sudah upload PKM di Student Connect
- Lulus Kerja Praktik Terintegrasi
- Ithenticate maksimal 24%
- Surat Izin Penelitian dari Departemen, disini
- Surat Izin Penelitian dari Mitra
- Syarat mengikuti Sidang TA 8 Semester, harus sudah:
- Bimbingan minimal 16x
- Sertifikat Lulus SKEM (100) -> IP Minimal (2.1), PKM, & Olahraga (2)
- Sertifikat Lulus TOEFL (477)
- Bukti sudah upload PKM di Student Connect
- Lulus Kerja Praktik Terintegrasi
- SKS tempuh 132 SKS
- Ithenticate maksimal 24%
- Lulus MK Metode Penelitian (Kualitatif & Kuantitatif) & MK Wajib
- Surat Izin Penelitian dari Departemen dan dari Mitra (jika bermitra), disini
- Surat Izin Penelitian dari Mitra
- Upload Persyaratan Administrasi di myITS Thesis:
-
- Naskah Proposal Tugas Akhir
- Hasil Cek Plagiarisme I-thenticate 1 halaman (maksimal 24%), disini
- Surat Permohonan Izin Penelitian dari Departemen & Surat Izin Penelitian dari Mitra (Jika bermitra)
- Transkrip Nilai
- Sertifikat SKEM (100)
- Sertifikat TOEFL (477) yang masih berlaku
- Bukti Lulus Kerja Praktik Terintegrasi
-
- Mengumpulkan dokumen cetak:
- Naskah Proposal Tugas Akhir
- Loogbook Bimbingan (screenshot dari myITS Thesis)
- Hasil Cek Plagiarisme I-thenticate 1 halaman (maksimal 24%), disini
- Surat Permohonan Izin Penelitian dari Departemen & Surat Izin Penelitian dari Mitra (Jika bermitra)
- Lampiran tambahan berupa: Metode penelitian kuantitatif -> lampiran Hasil Olah Data. Metode penelitian kualitatif lampiran -> Transkrip Wawancara (max 5 user) dan Dokumentasi Kegiatan (tidak boleh selfie).
- Keseluruhan dokumen tersebut dijilid jadi 1 (satu) (jilid mika bening) sebanyak 3 (tiga) eksemplar apabila tidak terdapat Dosen Ko-Pembimbing, atau sebanyak 4 (empat) eksemplar apabila terdapat Dosen Ko-Pembimbing.
|
Pekan 13 |
13 |
Pelaksanaan Sidang TA |
- Mahasiswa datang tepat waktu & berpakaian rapi
- Mahasiswa mempresentasikan hasil Penelitian
- Mahasiswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Penguji
- Mahasiswa mencatat semua masukan dari dosen penguji
|
- Tugas Akhir/Skripsi sudah fix & direvisi sesuai masukan dari dosen pembimbing
- Slide presentasi (PPT) siap → Biasanya 10-15 slide
|
Pekan 15-16 |
14 |
Pengumpulan Naskah Final Tugas Akhir |
- Mahasiswa mengumpulkan naskah yang telah direvisi sesuai saran dari penguji.
- Minta persetujuan pembimbing setelah revisi selesai
- Kumpulkan proposal revisi
- Siap lanjut ke penelitian setelah proposal disetujui
|
- Isi naskah baik softfile & hardfile:
- Skripsi (Lembar Pengesahan terbaru, lembar orisinalitas bahasa indonesia bermaterai)
- Surat izin penelitian (Departemen & Mitra)
- Logbook bimbingan dari myITS Thesis
- Ithenticate (1 halaman)
- Transkrip wawancara (mak 5)
- Artikel
- Mengumpulkan naskah hasil revisi Sidang TA sesuai template, dikumpulkan dalam bentuk:
- Softfile di myITS Thesis
- Hardfile di front office sebanyak 1 eks
- Hardfile di perpustakaan 1 eks
|
Pekan 17-18 |
15 |
Yudisium |
Mahasiswa mendaftar Yudisium |
- Persyaratan Yudisium Departemen Studi Pembangunan Klik disini
- Template Bebas pustaka, disini
|
Jadwal dari Fakultas |
16 |
Wisuda |
Mahasiswa mendaftar Wisuda di SI Akademik |
Dokumen administrasi |
Jadwal dari ITS |