Rektor ITS Prof Dr Ir Mochammad Ashari MEng IPU AEng melakukan peninjauan terhadap Pojok Statistik yang terletak di Departemen Statistika ITS
Kampus ITS, ITS News – Upaya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dalam menunjang kebutuhan data bagi masyarakat terus berjalan. Salah satunya dengan membentuk fasilitas Pojok Statistik di Departemen Statistika ITS.
Kepala Pojok Statistik, Dr Dra Ismaini Zain MSi mengatakan, fasilitas ini lahir sebagai wadah institusi pendidikan untuk mengolah data makro dan mikro menjadi lebih ramah bagi khalayak luas. “Tidak hanya masyarakat umum, fasilitas hasil kerja sama ITS dengan Bappeda Jatim, BPS Jatim, dan Dinas Kominfo Surabaya ini juga terbuka lebar bagi para akademisi yang membutuhkan,” ucapnya.
Usut punya usut, sejak pembentukannya pada 2021, Pojok Statistik telah memberikan beragam kontribusi. Ismaini mencontohkan, Pojok Statistik membantu Kepolisian Daerah (Polda) Jatim dalam mengkaji tingkat kepuasan tahanan dan keluarga tahanan terhadap aplikasi Sistem Manajemen Tahanan dan Barang Bukti (Simatahati).
Suasana pembekalan kerja praktek mahasiswa Departemen Statistika yang diisi oleh perwakilan Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur
Tidak sebatas konsultasi Pojok Statistik ITS turut membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk melaksanakan kerja praktik (KP). Dalam rangkaiannya, tim Pojok Statistik akan membagi peserta menjadi kelompok dua orang. “Dari sana, mereka akan kami tempatkan ke berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Jatim,” serunya.
Dengan berbagai fasilitas tersebut, Ismaini berharap, Pojok Statistik dapat terus mendukung integrasi data Jawa Timur menjadi lebih baik lagi. Tak hanya itu, ia meyakini, kerja sama ITS bersama BPS ini merupakan pertanda baik. “Dengan ini, ITS dapat aktif mendukung integrasi data Jawa Timur guna mewujudkan Program Satu Data Jawa Timur,” pungkasnya optimis. (*)
Reporter: Bima Surya Samudra Redaktur: Muhammad Faris Mahardika
Sumber: disini
Post Views: 741
Panduan Lengkap Klik Disini Post Views: 708
READ MORE CLICK FOR ADMISSION Post Views: 634