News

STKK ITS dan Peneliti Melbourne University Sepakat Riset Bersama Soal Biofouling Effect

Ming, 15 Jan 2023
2:48 pm
Berita
Share :
Oleh : adminstkk   |

Pusat Penelitian STKK (Sains dan Teknologi Kelautan-Kebumian) bersama DRPM (Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat) ITS terus berkomitmen untuk meningkatkan kontribusi di bidang kebumian dan kelautan dengan menggencencarkan riset dan diskusi ilmiah.

Hal tersebut diwujudkan tim riset DRPM dan STKK salah satunya dengan dialog dan diskusi mengenai biofouling effect dengan peneliti Jelle Sebastian dan Isnain Aliman dari Melbourne University Autralia, Selasa (10/01).

Diskusi mengenai biofouling effect dengan peneliti Jelle Sebastian dan Isnain Aliman dari Melbourne University

Biofouling sendiri merupakan menempelnya hewan laut seperti teritip pada permukaan benda keras yang terendam air laut. Biofoilung efect ini berdampak pada banyak aspek, salah satunya menghambat laju kapal.

Setelah diksusi yang dilakukan di gedung DRPM ini, peneliti akan melanjutkan riset di atas kapal Sinar Morotai yang berlayar dari Cilegon ke Belawan.

Dengan adanya penelitian di bidang biofouling ini diharapkan dapat menjadi salah satu langkah positif dalam upaya mencapai visi STKK untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya kemaritiman dengan inovasi dan teknologi.

Latest News

  • International Conference: The 4th Sustainability and Resilience of Coastal Management

    Sustainability and Resilience of Coastal Management Akan diadakan Joint International Conference on Sustainable Management – The 4th Sustainability and

    26 Sep 2023
  • One-Field Training and Guest Lecturer Biofouling

    Permasalan biofouling yang kian hari kian mengancam perairan dunia, termasuk Indonesia menjadi concern kita bersama. Institute Teknologi Sepuluh Nopember,

    18 Mar 2023
  • Kora-Kora, Mobile Apps Pendeteksi Stabilitas Kapal untuk Mengurangi Resiko Kecelakaan Nelayan Dunia

    Pemanfaatan smartphone melalui aplikasi telah memberikan dampak dan manfaat yang besar dalam mengatasi berbagai macam permasalahan. Melalui mobile apps,

    17 Mar 2023