News

ITS Gandeng Professor Josaphat dan Chiba University Menuju Visi World Class University

Rab, 11 Jan 2023
6:48 pm
Berita
Share :
Oleh : adminstkk   |

Menjadi World Class University merupakan visi besar ITS yang telah dibangun sejak tahun 2016. Salah satu indikatornya adalah kualitas penelitian berstandar internasional dan memiliki lulusan berkualifikasi terbaik sehingga mampu berkompetisi di pasar internasional.

Demi mewujudkan tujuan ini, Pusat Penelitian STKK (Sains dan Teknologi Kelautan dan Kebumian) dan FTSPK (Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan dan Kebumian) di tahun 2022 turut aktif melaksanakan program World Class Professor (WCP). WCP merupakan program Kemendikbud yang bertujuan meningkatkan kompetensi dosen dan perguruan tinggi dengan memberi wadah kolaborasi dan mempererat kerjasama dengan universitas-universitas luar negeri.

Kegiatan Pertama WCP 2022, Workshop berjudul “Integrasi IMU, GNSS dan Remote Sensing untuk Pemetaan Sumber Daya Alam Beserta Infrastruktur di Indonesia”

Dalam WCP 2022, Puslit STKK dan FTSPK berkolaborasi dengan Chiba University Jepang dan mengundang Profesor Josaphat Tetuko Sri Sumantyo, profesor kelas dunia di bidang microwave (radar) remote sensing. Pandangan keilmuan, pengalaman serta kepakaran Profesor Josaphat tentu sangat dibutuhkan Pusat Penelitian STKK dan FTSPK (Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan dan Kebumian), khususnya dalam peningkatan kualitas sumber daya di bidang remote sensing dan global navigation satellite system (GNSS).

Berbagai kegiatan di program WCP 2022 telah terselenggara, baik dalam format workshop, diskusi, pengujian riset hingga berbagai kerja sama. WCP 2022 ini dilakukan pada bulan September hingga November 2022 bertempat di Indonesia dan Jepang.

Diskusi bersama Profesor Josaphat, Profesor Ito dan Profesor Saitoh dari Chiba University dalam Penelitian Phantom dan Scanner untuk Keperluan Media

Chiba University bersama ITS menghasilkan banyak pencapaian dan kesepakatan. Di antaranya kerjasama di bidang bioteknologi, penyusunan rancangan double degree, progam adjunct profesor, publikasi paper di jurnal internasional bereputasi Q1 dan Q2 terindeks Scopus, serta kerjasama dalam pegembangan antena Low-Cost dan penelitian JFSEU.

Kedepannya, Puslit STKK dan FTSPK berupaya untuk terus berkolaborasi dengan Profesor Josaphat dan Chiba University serta profesor dan universitas kelas dunia lainnya demi terwujudnya World Class University yang tidak hanya mampu bersaing di dunia internasional namun menjadi institusi yang berperan dalam pengentasan masalah dan tantangan global melalui teknologi.

Latest News

  • International Conference: The 4th Sustainability and Resilience of Coastal Management

    Sustainability and Resilience of Coastal Management Akan diadakan Joint International Conference on Sustainable Management – The 4th Sustainability and

    26 Sep 2023
  • One-Field Training and Guest Lecturer Biofouling

    Permasalan biofouling yang kian hari kian mengancam perairan dunia, termasuk Indonesia menjadi concern kita bersama. Institute Teknologi Sepuluh Nopember,

    18 Mar 2023
  • Kora-Kora, Mobile Apps Pendeteksi Stabilitas Kapal untuk Mengurangi Resiko Kecelakaan Nelayan Dunia

    Pemanfaatan smartphone melalui aplikasi telah memberikan dampak dan manfaat yang besar dalam mengatasi berbagai macam permasalahan. Melalui mobile apps,

    17 Mar 2023