Prof Dr Bambang Sudarmanta ST MT (kiri) bersama Dr Is Bunyamin Suryo ST MSc (kanan) sebagai moderator pada acara seminar otomotif
Surabaya, ITS News — Untuk mengurangi emisi karbon yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor, low carbon emission vehicle (LCEV) bisa menjadi salah satu solusi. Membahas lebih dalam, Manajer Klaster Sains Techno Park (STP) Otomotif Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menyampaikan hasil penelitiannya pada Seminar Otomotif dengan tema Sinergi untuk Percepatan Penerapan LCEV.
Mengawali seminar, Prof Dr Bambang Sudarmanta ST MT memaparkan, menipisnya cadangan energi yang disebabkan karena penggunaan masif dari kendaraan bermotor membuat pemerintah terus mengeluarkan subsidi bahan bakar. Dampaknya, pengeluaran subsidi terus mengalami kenaikan karena adanya peningkatan kebutuhan. “Setelah ditelisik, pemakaian subsidi pemerintah terbesar saat ini berasal dari sektor transportasi,” imbuhnya pada Rabu (18/10).
Di samping itu, saat ini pemerintah sedang menekankan penggunaan kendaraan emisi karbon rendah. Pada tahun 2025, pemerintah menargetkan jumlah kendaraan listrik sebanyak 400 ribu. Namun, hingga Mei 2023 ini, jumlah kendaraan listrik di masyarakat hanya mencapai 15 ribu kendaraan. Artinya 2 tahun menjelang 2025, target 400 ribu tersebut baru tercapai 3.75%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan LCEV belum mendapat respon lebih dari masyarakat.
LCEV atau kendaraan dengan emisi karbon rendah sendiri meliputi beberapa macam jenis. Di antaranya, kendaraan hemat energi dan harga terjangkau (KBH2), kendaraan berteknologi hybrid elektrik, plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) dan kendaraan nol karbon atau listrik berbasis baterai. Macam dari kendaraan ini bisa menjadi substitusi bahan bakar minyak (BBM) menjadi bahan bakar yang lebih hemat energi.
Berangkat dari hal tersebut, Tim STP Otomotif – ITS membantu pemerintah menyuarakan transisi kendaraan konvensional berbasis internal combustion engine (ICE) menuju kendaraan yang berbasis elektrikal atau electric vehicle. Upaya ini terus dilakukan dengan berkoordinasi oleh beberapa pihak terkait baik dari akademisi, pemerintahan, industri, maupun mahasiswa.
Dalam beberapa waktu yang lalu, tim survey STP Otomotif – ITS melakukan survey terhadap pengguna non-HEV dan pengguna HEV. Survey tersebut mencakup di antaranya, yaitu kesadaran dan pengetahuan mengenai LCEV, niat dan minat pembelian, faktor keputusan pembelian, faktor penggunaan dan kepuasan, infrastruktur, faktor lingkungan dan keberlanjutan, serta pemasaran dan kebijakan pemerintah.
Hasil survey menunjukkan bahwa mayoritas responden belum memahami dengan baik mengenai kendaraan LCEV, sehingga perlu untuk melakukan sosialisasi secara intensif kepada masyarakat. Selain itu, hasil survei juga menunjukkan bahwa kendaraan listrik tidak termasuk pilihan pertama karena faktor harga yang tinggi, kekhawatiran akan performa kendaraan, dan masyarakat yang lebih mengutamakan faktor kenyamanan.
Berdasarkan hasil survei tersebut, Dosen Departemen Teknik Mesin ini menegaskan perlunya sinergi untuk membantu pemerintah dalam mempercepat pemakaian LCEV di masyarakat. “Pekerjaan yang demikian itu adalah pekerjaan besar, kita harus bahu membahu bersinergi membantu pemerintah,” tegasnya kembali saat mengakhiri sesi presentasi. (*)
Peserta Seminar Otomotif bersama pembicara di Hotel Oakwood, Surabaya
Reporter: ion21/Aghnia Tias Salsabila Redaktur: Fatima Az Zahra
Kampus ITS, ITS News — Memberikan dedikasi terbaiknya dalam pengembangan riset dan pemberdayaan ilmu pengetahuan, kembali membawa dosen Departemen Kimia, Fakultas
Direktorat Inovasi dan Kawasan Sains Teknologi (DIKST) melaksanakan kegiatan perdana Jumat Berseri (Bersih, Sehat, Harmoni) pada Jumat, 10 Januari
Manajer STP Otomotif ITS Prof Dr Bambang Sudarmanta ST MT saat menunjukkan beberapa produk konversi yang telah dihasilkan oleh
Tampilan produk Low-cost GNSS Receiver dan Smart Geo-PD ITS buatan ITS yang siap digunakan Kampus ITS, ITS News — Dalam upaya mendukung