Subsistem sumber energi adalah dasar kendaraan listrik, yang menggunakan baterai sebagai sumber energi utama untuk menghasilkan tenaga gerak. Baterai ini dilengkapi dengan Sistem Manajemen Baterai (BMS).
Subsistem sumber energi kendaraan listrik bekerja dengan mengisi baterai dari PLN atau PV charging station, dikendalikan oleh BMS. EMU mengatur aliran energi ke baterai, yang kemudian converter/inverter digunakan untuk menyuplai energi low voltage dan high voltage (menyesuaikan/mengubah daya) yang dibutuhkan oleh komponen-komponen lainnya.
Baterai adalah perangkat yang mengubah energi kimia menjadi energi listrik melalui reaksi elektrokimia. Elektrokimia adalah proses pengubahan energi kimia menjadi energi listrik saat baterai digunakan, dan sebaliknya mengubah energi listrik menjadi energi kimia saat baterai diisi.
kusumandarutp.blogspot.com
Terdapat dua jenis baterai: primer dan sekunder. Baterai primer hanya digunakan sekali, sedangkan baterai sekunder dapat diisi ulang. Baterai sekunder bisa diisi ulang karena reaksi kimia di dalamnya bersifat reversibel, memungkinkan energi dikembalikan ke baterai.
Baterai Logam Udara (elkimkor.com); Baterai Logam Air Asin (linkedin.com); Aki Basah (karimunkotak.wordpress.com); Aki Kering (pasarwarga.com).
Baterai Lithium Ion (Davide Andrea, Elithion, 9/30/2016)
Battery Management System (BMS) adalah sistem yang digunakan untuk mengatur baterai meliputi proses monitoring, proses balancing, dan proses proteksi/safety unit.
Battery Management System (edu.svet.gob.gt)
Unit Pengisian Baterai (Battery Charger) adalah perangkat yang digunakan untuk mengisi atau mengganti muatan listrik pada sistem BEV.
Tipe Pengisian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB)
Tipe Plug Socket- Outlets SPKLU
Menurut Peraturan Menteri Energi dan Sumber daya mineral No. 13 Tahun 2020, SPKLU harus menyediakan tiga jenis koneksi:
(afdc.energy.gov)
Energy Management Unit adalah bagian dari sistem kendaraan yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan pengaturan aliran energi dalam kendaraan tersebut.
Komponen EMU meliputi Battery Management System (BMS) yang mengawasi dan mengatur baterai, inverter yang mengonversi arus DC menjadi arus AC untuk motor listrik, dan motor controller yang mengatur kinerja motor. Thermal Management System menjaga suhu komponen kritis seperti motor, inverter, dan baterai. Regenerative Braking System memanfaatkan energi kinetik dari pengereman untuk mengisi ulang baterai, sementara Vehicle Control Unit (VCU) mengoordinasikan sistem kendaraan. Sistem pengisian mencakup on board charger (OBC) yang mengatur pengisian baterai dari sumber eksternal.
JENIS-JENIS MOTOR YANG DIGUNAKAN DALAM KENDARAAN LISTRIK Desain motor listrik pada sistem propulsi kendaraan listrik (EV) berkembang dengan cepat,
Secara umum motor listrik bekerja berdasarkan prinsip elektromagnetik, dengan mengubah energi listrik menjadi energi gerak atau putaran. Sederhananya cara
Motor listrik adalah komponen penting dalam kendaraan listrik (EV) yang berfungsi mengubah energi dari baterai menjadi energi gerak untuk
Sistem penerangan pada kendaraan listrik adalah sistem yang sangat penting untuk keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Sistem penerangan tersebut