DIKST

Directorate of Innovation and Science Techno Park
24 September 2024, 13:09

Prototype Active Suspension Menggunakan Microcontroller Arduino

Oleh : itsotomotif | | Source : -

Sebagai bentuk perwujudan mendukung road map penelitian otomotif di ITS, maka PUI-SKO merancang prototype active suspension dimana suspensi jenis ini lebih nyaman, lebih stabil, dan handling yang lebih baik dibandingkan passive suspension.

Active suspension adalah sistem suspensi yang menggunakan aktuator, sensor, dan kontroler elektronik untuk mengontrol gerakan suspensi secara aktif, sehingga mampu meningkatkan kenyamanan berkendara, control stabilitas dan handling yang lebih baik dibandingkan passive suspension. Active suspension ini telah diimplementasikan ke beberapa merk mobil terkenal seperti Mercedes-benz (Magic Body Control), Audi (adaptive air suspension), dan BMW 7 series (Executive drive pro).

Melihat kebermanfaatan dari active suspension ini, maka maka Pusat Unggulan IPTEK Sistem Kontrol Otomotif (PUI-SKO) merancang sebuah prototype yang nantinya bisa dikembangkan lebih lanjut untuk mendukung road map penelitian otomotif di ITS. Prototype ini menggunakan sistem suspensi aktif seperempat kendaraan yang dikontrol oleh pengontrol Proportional Integrated Derivatif (PID) untuk melakukan peredaman getaran pada frame body kendaraan ketika melalui jalan bergelombang. Secara ringkas prototype ini terdiri dari beberepa bagian seperti: microcontroller Arduino, sensor accelerometer, motor servo DC, motor DC, motor servo, sensor putaran, sensor jarak, roda dan frame body, dan motor driver seperti terlihat pada Gambar 1.

Dari hasil penelitina didapatkan bahwa Root Mean Square (RMS) yang diterima chassis kendaraan menggunakan sistem kendali PID adalah sebesar 0,368m/s2dan berdasarkan standar ISO 2631 nilai ini dikategorikan kedalam kategori kenyamanan yang sedikit tidak nyaman.

Gambar 1. Prototype active suspension di PUI-SKO ITS

Berita Terkait