DIKST

Directorate of Innovation and Science Techno Park
25 September 2024, 04:09

i-Stow

Oleh : adminstp | | Source : -

iStow adalah piranti lunak untuk membantu pembuatan stowage plan/ perencanaan muatan kapal, sebelum kapal diizinkan untuk berlayar. iStow juga disebut sebagai Loading computer software. Dengan alat ini perhitungan stabilitas kapal dapat dilaksanakan jauh lebih baik dan lebih presisi dari pada dengan cara manual. Keunggulan dari software iStow ini mampu dioperasikan secara kolaboratif, artinya dapat digunakan simultan oleh beberapa pengguna dari berbagai lokasi yang terhubung internet secara bersamaan. Fasilitas perhitungan stabilitas secara otomatis sesuai persyaratan Internasional Maritime Organization (IMO). Dilengkapi dengan audio alarm dan visual alarm sebagai standart pengingat keamanan yang dijamin oleh badan klasifikasi Nasional dan Internasional.

Semua fasilitas yang dimiliki iStow dapat memberikan kemudahan kepada pengguna untuk dapat mengetahui hasil perencanaan muatan yang dibuat sehingga proses pemuatan dapat berjalan efektif, aktual dan aman. Fasilitas ini antara lain:
1. Perhitungan otomatis intact stability dan damage stability.
2. Perhitungan otamatis longitudinal strength (shear force dan bending momen)
3. Pengaturan Multiport
4. Pengelolaan data BAPLIE
5. Tampilan antarmuka 2D dan 3D
6. Dokumen laporan yang memenuhi standart untuk proses clearance kapal dan management kapal.

iStow, merupakan produk Indonesia satu-satunya, yang disertifikasi nasional dan internasional. Sertifikasi ini dilakukan untuk menjamin seluruh komponen hasil perhitungan adalah benar dan akurat. iStow telah disertifikasi oleh badan klasifikasi berikut:
1. Biro Klasifikasi Indonesia/ BKI, Indonesia
2. Nippon Kaiji Kyokai/ ClassNK, Jepang
3. Indian Register of Shipping/ IRS, India
4. Lloyd’s Register/ LR, United Kingdom
5. Registro Italiano Navale/ RINA, Italia

iStow tersedia dalam beberapa versi sesuai dengan jenis kapal, antara lain:
1. iStow Tanker
iStow Tanker merupakan varian iStow yang digunakan untuk menata muatan curah cair. iStow Tanker digunakan pada semua jenis kapal tanker seperti, product oil, crude oil, chemical tanker, LPG/ LNG)
2. iStow Containers
iStow Container merupakan varian iStow yang digunakan pada kapal container dan kapal general cargo. iStow container dapat memberikan tampilan setiap bay maupun setiap tier kapal yang dilengkapi dengan fitur BAPLIE dan penataan barang berbahaya (dangerous goods).
3. iStow Ferry/ Ro-Ro
iStow Ferry/ Ro-Ro biasa digunakan untuk kapal dengan muatan penumpang maupun kendaraan. iStow Ferry/ Ro-Ro membantu seorang planner dalam melakukan penataan kendaraan diatas kapal ferry dengan efisien dan akurat.
4. iStow Bulkcarrier
iStow Bulkcarrier adalah varian iStow yang digunakan untuk melakukan penataan untuk jenis muatan curah padat, seperti batubara, nickel curah, jagung curah, gandum curah dan sebagainya secara efisien dan akurat.
5. iStow LPH/ Load Planner of Heavy Object
iStow LPH digunakan untuk membantu loadplanner dalam merencanakan pemuatan untuk muatan besar seperti crane, jacket, jembatan, offshore platform dengan efektif.
6. iStow CHS/ Cargo Handling Simulator
iStow CHS adalah pelatihan berbasis komputer untuk pendidikan kepelautan, iStow CHS sangat berguna untuk menyiapkan taruna-taruna kepelautan untuk siap bekerja.

Periset : Dr. Ing. Ir. Setyo Nugroho,
Email   : snugroho@gmail.com
Mitra   :
1. PT. DMP Karunia Sejahtera
2. PT. Pranala Digital Transmaritim

Berita Terkait

  • i-Stow

    iStow adalah piranti lunak untuk membantu pembuatan stowage plan/ perencanaan muatan kapal, sebelum kapal diizinkan untuk berlayar. iStow juga

    25 September 2024, 04:09
  • Frangible Bullet

    Peluru frangible merupakan jenis peluru yang dewasa ini banyak dikembangkan karena dapat mencegah terjadinya ricochet atau pantulan acak proyektil

    25 September 2024, 04:09
  • Aplikasi SIGAP

    Surabaya adalah kota yang mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dan berhasil menarik perhatian banyak orang untuk tinggal dan berinvestasi

    25 September 2024, 04:09
  • FIN KOMODO BLEDHEX

    Secara spesifikasi, Fin Bledhex menggunakan baterai lithium-ion dengan kapasitas 21 kWh. Dengan baterai tersebut, tenaga yang dihasilkan dari Fin

    25 September 2024, 04:09