DIKST

Directorate of Innovation and Science Techno Park

BENGKEL STP OTOMOTIF

Workshop

Workshop adalah suatu ruang atau fasilitas khusus yang dirancang untuk kegiatan pembuatan, perakitan, perbaikan, atau eksperimen terkait dengan suatu industri atau bidang tertentu. Pada saat ini, unuk mejalankan bengekel tipe A saince Tekno park (STP) otomotif sudah ada beberapa workshop yang sudah tersedia, yaitu:

1. Workshop Produksi Custom
2. Workshop Konversi
3. Workshop Pengujian
4. Ruang Administrasi
5. Workshop Baterai
6. Gudang
7. Ruang Meeting R&D
8. Workshop Desain & Simulator

Workshop Produksi Custom

Workshop produksi custom merupakan tempat di mana produk dibuat, dikembangkan, dan diproduksi secara khusus. Di dalam workshop ini, terdapat peralatan dan mesin khusus yang digunakan untuk membentuk material seperti logam atau fiberglass menjadi bagian-bagian yang diperlukan untuk kendaraan yang ingin dibuat. Workshop produk custom ini telah berhasil memproduksi beberapa sepeda motor custom seperti E-Trail dan Grocery Store Three Wheel EV.

Workshop Konversi

Workshop produksi custom merupakan tempat di mana produk dibuat, dikembangkan, dan diproduksi secara khusus. Di dalam workshop ini, terdapat peralatan dan mesin khusus yang digunakan untuk membentuk material seperti logam atau fiberglass menjadi bagian-bagian yang diperlukan untuk kendaraan yang ingin dibuat. Workshop produk custom ini telah berhasil memproduksi beberapa sepeda motor custom seperti E-Trail dan Grocery Store Three Wheel EV.

Workshop Uji

Workshop uji merupakan tahapan penting dalam produksi custom Electric Vehicles (EV) dengan orientasi komersial. Fokusnya pada Quality Control (QC) dan pengujian teknis untuk memastikan setiap kendaraan memiliki standar kualitas yang tinggi. Pengujian meliputi pengukuran dimensi, pemeriksaan konstruksi, efisiensi rem, dan penimbangan berat kosong. Fasilitas dilengkapi dengan peralatan uji canggih seperti Precision DC Voltmeter, Insulation Tester, Outstanding Hitester, dan lainnya. Selain itu, penggunaan peralatan khusus seperti Brake Tester manual, dB meter, dan Speed meter juga dilakukan. Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kontrol mutu dan keamanan kendaraan EV melalui pengujian komprehensif.

Ruang Administrasi

Ruang administrasi merupakan area khusus di workshop yang didedikasikan untuk kegiatan administratif terkait pelayanan kepada konsumen. Di dalam ruangan ini, tim administrasi bekerja untuk memasukkan dan mengelola data pelanggan, mencatat pesanan konsumen, serta mencatat informasi mengenai kendaraan yang akan dibuat atau dikonversi menjadi kendaraan berpenggerak listrik. Kegiatan administratif ini mencakup pengelolaan informasi seperti alamat pelanggan, spesifikasi kendaraan yang diinginkan, catatan pesanan, dan jadwal pekerjaan. Selain itu, ruang administrasi juga berfungsi sebagai pusat komunikasi antara pelanggan dan tim produksi atau teknisi. Di dalam ruangan ini, staf administrasi dapat memberikan informasi terbaru kepada pelanggan mengenai perkembangan pesanan, estimasi waktu penyelesaian, serta menjawab pertanyaan atau kebutuhan pelanggan.

Snow

Workshop Baterai

Ruang baterai merupakan area khusus di dalam workshop yang difungsikan untuk merakit dan mengembangkan baterai. Ruangan ini menjadi pusat kegiatan terkait penyusunan, pengujian, dan pengembangan komponen baterai yang akan digunakan pada kendaraan yang dibuat atau dikonversi menjadi kendaraan berpenggerak listrik. Di ruang baterai, para teknisi atau ahli baterai bekerja untuk merancang dan merakit paket baterai sesuai dengan spesifikasi kendaraan. Proses pengujian ketat dilakukan untuk memastikan bahwa baterai memenuhi standar kualitas dan keamanan yang dibutuhkan. Selain itu, ruang baterai juga berfungsi sebagai tempat pengembangan teknologi baterai baru, termasuk penelitian dan inovasi untuk meningkatkan kinerja, kapasitas, dan efisiensi baterai.

Gudang

Gudang diatur sedemikian rupa sehingga berfungsi sebagai tempat penyimpanan strategis untuk segala peralatan dan perkakas yang diperlukan oleh workshop battery dan workshop konversi. Keberdekatan gudang dengan kedua workshop tersebut memberikan keuntungan signifikan dalam efisiensi operasional. Di dalam gudang, peralatan seperti mesin, perangkat tangan, suku cadang, dan bahan-bahan lainnya disimpan dengan rapi dan terorganisir. Kehadiran gudang yang berdekatan dengan workshop battery memungkinkan akses cepat terhadap berbagai jenis baterai, alat pengujian, dan komponen lain yang dibutuhkan dalam perakitan dan pengujian produk.

Snow
Snow

Ruang Meeting R&D

Ruang pertemuan R&D menjadi pusat komunikasi yang vital bagi bengkel konversi, memfasilitasi koordinasi yang efisien antara berbagai pihak yang terlibat dalam pengembangan teknologi. Di ruangan ini, staf internal dan teknisi ahli berkumpul untuk berdiskusi, merencanakan, dan mengevaluasi kemajuan proyek-proyek inovatif. Koordinasi internal meliputi pembaruan proyek, evaluasi hasil uji coba, dan perencanaan lanjutan. Selain itu, ruang pertemuan R&D juga menjadi tempat kolaborasi dengan pihak eksternal. Bengkel konversi dapat menjalin kemitraan dengan lembaga riset, universitas, atau perusahaan teknologi lainnya.

Workshop Desain & Simulator

Workshop desain dan simulator adalah fasilitas yang didedikasikan untuk aktivitas perancangan kendaraan yang akan dibuat atau dikonversi menjadi kendaraan berpenggerak listrik. Di dalam workshop ini, tim desainer menggunakan perangkat lunak khusus dan teknologi simulasi untuk mengembangkan desain kendaraan yang efisien, estetis, dan sesuai dengan kebutuhan fungsionalitas penggerak listrik. Para desainer memanfaatkan software CAD (Computer-Aided Design) dan perangkat lunak simulasi untuk menciptakan model 3D kendaraan dan melakukan simulasi terhadap berbagai aspek seperti aerodinamika, efisiensi energi, dan performa keseluruhan. Workshop ini juga dilengkapi dengan simulator berkualitas tinggi yang memungkinkan uji coba virtual terhadap desain kendaraan, memastikan bahwa setiap perubahan atau modifikasi dapat dievaluasi dengan cermat sebelum dilakukan implementasi.

Snow

CONTACT SUPPORT

Alamat :
Gedung STP Otomotif & Forensik ITS, Keputih, Kec. Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur 60117
Email : itsotomotif@gmail.com

Temukan Kami

Contact Person

Customer Service
STP Otomotif
087810646804

DIKST > Workshop