News

Webinar Waspada Gempa Megathrust

Ming, 18 Agu 2024
4:21 pm
Informasi
Share :
Oleh : Admin-Teknik Geofisika   |

Badan Meteorologi Jepang (JMA) telah mengeluarkan peringatan khusus pertamanya mengenai kemungkinan gempa megathrust Palung Nankai dan berpeluang sebesar 70 – 80 % terjadinya gempa bumi berkekuatan magnitudo 8 – 9. Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG menyebutkan bahwa kekhawatiran ilmuwan Jepang terhadap Megathrust Nankai sama persis yang dirasakan dan dialami oleh ilmuwan Indonesia. Istilahnya ‘tinggal menunggu waktu’ terjadi gempa besar.

Ungkapan tinggal tunggu waktu akan terjadinya gempa megathrust di Jepang dan di Indonesia ditafsirkan banyak media menjadi banyak tafsir misalnya ada yang menyebutkan akan terjadi seminggu lagi dan lain sebagainya. Seperti biasa diikuti media online dengan tambahan bumbu bumbu yang membuat banyak Masyarakat bingung dan meresahkan, sehingga diperlukan penjelasan secara menerus untuk menenangkan Masyarakat.

Paling tidak ada beberapa kawasan megathrust yang sudah dipetakan oleh PUSGEN 2017 yaitu Zona megathrust berada di zona subduksi aktif, seperti: (1) subduksi Sunda mencakup Sumatra, Jawa, Bali, Lombok, dan Sumba, (2) subduksi Banda, (3) subduksi Lempeng Laut Maluku, (4) subduksi Sulawesi, (5) subduksi Lempeng Laut Filipina, dan (6) subduksi Utara Papua. Satu hal yang penting aktivitas gempa yang bersumber di zona megathrust tidak selalu berkekuatan besar. Data hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa gempa-gempa kecil yang lebih banyak terjadi di zona megathrust, meskipun zona megathrust bisa memicu gempa besar.

Sejalan dengan misi ITS untuk memberikan kontribusi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi demi kesejahteraan masyarakat, maka Departemen Teknik Geofisika ITS bekerjasana dengan PVMBG – U-INSPIRE – IAGI akan menyelenggarakan Webinar dengan topik Waspada Gempa Megathrust. Tujuan dari webinar untuk mengetahui dan memahami serta mewaspadai gempa megathrust sehingga risiko bencana gempa bisa dikurangi, bersama para pakar:

Keynote Speaker

  • Dr.Ir. MUHAMMAD WAFID A.N., M.Sc (Kepala Badan Geologi, Kementerian ESDM)

Narasumber :

  • Ir. FIRMAN SYAIFUDDIN, S.Si., M.T. (Dosen Eksplorasi Seismik, Teknik Geofisika ITS)
  • Dr. YUDHICARA, S.T. M.Si. (Penyelidik Bumi Ahli Madya Badan Geologi)

Penanggap:

  • AWANG SATYANA (Independent Geologist)
  • KADEK HENDRAWAN PALGUNADI, Ph.D. (Dosen Seismologi Teknik Geofisika ITS)

Moderator:

  • MAGHFIRA ABIDA, S.T., M.Sc . (Partnership Coordinator U-INSPIRE Indonesia)

Webinar akan dilaksanakan pada :

 

Latest News

  • Webinar Waspada Gempa Megathrust

    Badan Meteorologi Jepang (JMA) telah mengeluarkan peringatan khusus pertamanya mengenai kemungkinan gempa megathrust Palung Nankai dan berpeluang sebesar 70

    18 Agu 2024
  • Ikuti Kompetisi Wall Climbing Yang Diselenggarakan Oleh UNESA, Mahasiswa Teknik Geofisika ITS Sabet Juara 3

    Selamat kepada Rahma Sahara Juhartoyo yang menorehkan prestasi dalam event UNESA Rektor Cup Climbing Competition 2024. Berpartisipasi dalam kompetisi

    15 Agu 2024
  • Webinar Kesiapsiagaan Menghadapi Erupsi Gunung Bromo

    Pengembangan daerah wisata merupakan salah satu bentuk percepatan pembangunan secara terpadu untuk mendorong transformasi sosial, budaya, dan ekonomi desa.

    05 Agu 2024